Walisongo Halal Center Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Juru Sembelih Halal

FOTO BERSAMA: WHC kembali melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Jawa Tengah, Selasa (21/5/2024). (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Menjelang Idhuladha, banyak masjid yang telah mempersiapkan penyembelihan sapi dan kambing kurban.

Namun, sebagian besar para juru sembelih adalah orang yang belum memiliki sertifikat Juleha (juru sembelih halal) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Hal ini yang menjadi keprihatinan Walisongo Halal Center (WHC). Terutama kepada para juru sembelih yang ada di masjid-masjid di Jawa Tengah.

Maka, WHC menggelar kembali pelatihan dan uji kompetensi bagi para Juleha yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Jawa Tengah, Selasa (21/5/2024).

Baca juga:  Sebanyak 1728 Panwaslu Kecamatan di Jateng telah Resmi Dilantik

Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Mega Nazareta menuturkan bahwa saat ini produk pangan halal baik makanan, minuman, atau daging hewan sedang gencar dilirik oleh negara-negara yang bahkan mayoritasnya non-Islam seperti Thailand, Filipina, Afrika, dan Korea.

“Maka ini menjadi tantangan bagi negara kita untuk mendukung bagi para Juleha. Dengan adanya kerja sama dengan Walisongo Halal Center (WHC) semoga semakin banyak Juleha yang berkompetensi dan tentu tersertifikasi legal,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur WHC, Dr. Hj. Malikhatul Hidayah, ST.M.Pd.My berharap, kerja sama dengan Bank Indonesia ini bisa terus berlanjut dan terbuka dengan semua yang ingin bekerja sama dalam acara pelatihan dan uji kompetensi Juleha. Ke depan, pihaknya juga akan melanjutkan pelatihan dan uji kompetensi ini.

Baca juga:  BPSDM Jateng Tingkatkan Kompetensi ASN dengan Berbagai Kegiatan

“Insyaa Allah kita akan membuka kembali pelatihan dan uji kompetensi Juleha jika memungkinkan. Untuk uji kompetensi juleha ber-BNSP akan kita lakukan nanti tanggal 4 Juni. Bagi para Juleha yang ingin mendaftar kita biasanya upload (informasi, Red.) di sosial media kita seperti Instagram. Dan kita share di grup-grup WA (WhatsApp, Red.) agar info lebih tersebar,” ujarnya.

WHC, kata dia, selalu memberikan info-info terbaru di akun instagram @whc_uinws. Sehingga para calon peserta yang ingin mengikuti pelatihan dan uji kompensti bisa melihat akun tersebut untuk mendapatkan informasi. (hms/adf)