11 Siswa MTsN 9 Sleman Lampaui Target Hafalan Quran

BERJEJER: Siswa MTsN 9 Sleman saat menerima penghargaan dalam kegiatan Haflah Attasyakur Litahfidzil Quran di halaman sekolah, Selasa (21/5/24). (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

TERUS meningkatkan pemahaman dalam agama sangat penting bagi seluruh umat manusia. Maka dari itu, MTsN 9 Sleman menggelar Haflah Attasyakur Litahfidzil Quran di halaman sekolah, Selasa (21/5/24). Kegiatan itu digelar sebagai bentuk apresiasi kepada siswa dalam meningkatkan hafalan, di mana dari 124 siswa kelas IX terdapat 11 siswa yang melebihi target.

Kepala MTsN 9 Sleman Siti Juwariyah mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dari sekolah karena siswa bisa memenuhi tuntutan dari sekolah dan kanwil. Di mana tahfiz itu merupakan mandatori dari kanwil untuk menuntut siswa menghafal dua jus, namun saat ini bisa melebihi target.

Baca juga:  Dishub Yogyakarta Ajak Masyarakat Lakukan Uji KIR untuk Antisipasi Kecelakaan

“Untuk sekolah MI itu seharusnya bisa menghafal satu jus, ditambah MTS satu jus, sehingga siswa harus bisa menghafal dua jus. Namun saya menargetkan beberapa siswa untuk menghafal dua, dua setengah, dan tiga jus,” ungkapnya, Selasa (21/5/24).

Dijelaskan bahwa menghafal tiga jus itu hanya ditargetkan kepada empat siswa. Akan tetapi, ada 11 siswa yang melebihi target. Dalam hal ini, terdapat sembilan anak yang hafal empat jus, satu anak hafal lima jus, dan satu anak hafal enam jus.

“Usaha yang dilakukan untuk mencapai itu semua dengan masuk lebih awal. Pukul 06.45 sampai jam 07.00 dilakukan tahfiz. Ada empat guru yang turun langsung untuk mengajar, serta dari luar sekolah kita melibatkan dari Pondok Pandanaran, dan Pondok Nurul Ummah,” tambahnya.

Baca juga:  Disnakertrans Bantul Gelontorkan Rp32,4 M untuk Program Padat Karya

Guru yang akrab disapa Jujuk itu menambahkan, dengan capaian siswa yang telah diraih, pihak sekolah memberikan penghargaan dengan memberikan uang pembinaan. “Hal itu kami harapkan supaya siswa dapat menjaga hafalan yang telah dilakukan selama sekolah di MTsN 9 Sleman. Supaya dapat memberikan mahkota di akhiratnya kelak,” pungkasnya. (riz/abd)