UMY Wakili Indonesia di International University Debating Championship di Qatar

FOTO BERSAMA: Perwakilan dari Mahasiswa UMY untuk kejuaraan debat internasional di Qatar. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Mahasiswa UMY kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, UMY akan mewakili Indonesia dalam International University Debating Championship ke-7 yang akan diadakan di Qatar pada 24-30 Mei 2024 mendatang.

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UMY sekaligus pembina tim debat, Dr. Fitri Zakiyah mengungkapkan, tim UMY dipilih melalui seleksi ketat yang diadakan pada Desember lalu. “Tim UMY berhasil meraih juara pertama dalam Indonesian Arabic Debating Championship, mengalahkan 18 tim dari berbagai perguruan tinggi nasional, baik negeri maupun swasta. Bangga sekali, bahkan panitia debat mengatakan bahwa UMY adalah pendatang baru yang langsung menang pada debutnya,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Ingatkan Siswa untuk Selalu Jaga Semangat Belajar

Pihaknya mengungkapkan apresiasi dan kebanggaannya karena menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Persiapan menuju Qatar dilakukan dengan latihan intensif setiap hari, baik online maupun offline.

“Tim UMY juga menjalani latihan debat dengan tim dari negara lain seperti Palestina, UITM, dan Bosnia. Mereka dibimbing langsung oleh coach yang merupakan alumni dan pernah memenangkan kompetisi serupa,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, pimpinan UMY memberikan dukungan penuh, baik secara finansial maupun pemantauan progres secara berkala. “Persiapannya melibatkan banyak sparing dan latihan debat. Rektor selalu memantau dan menanyakan perkembangan tim. Mereka sangat berdedikasi, berlatih hingga larut malam dan bahkan di akhir pekan. Ketika akhirnya menang, semua menangis, merasa usaha keras mereka terbayar,” pungkasnya. (suf/abd)