Pati  

Jelang Pilkada, Bawaslu Pati Lantik 63 Panwascam

SIMBOLIS: Bawaslu Pati melantik Panwascam di Hotel Merdeka, Jumat (24/5/2024). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati melantik sebanyak 63 panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan atau Panwascam. Pelantikan ini digelar di Hotel Merdeka Pati, Jumat (24/5/2024).

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto mengatakan, puluhan Panwascam yang dilantik ini dari 21 kecamatan. Masing-masing kecamatan berisi 3 anggota. Mereka yang telah dinyatakan lolos, baik melalui proses existing dan jalur pendaftar baru.

“Jadi ada dua jalur, yaitu proses existing dan jalur pendaftar baru, dan alhamdulillah sampai tanggal 23 sudah kita umumkan ini sebanyak 63 orang Panwascam se-Pati. Di masing-masing Kecamatan ini ada 3 orang personel anggota Panwascam yang kita lantik pada hari ini,” kata dia, seusai pelantikan.

Baca juga:  Kekeringan di Pati Diprediksi Lebih Parah, BPBD Siap Distribusi Air Bersih

Pihaknya memberikan pesan kepada Panwascam yang dilantik ini untuk segera menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Terutama yakni pihak pemerintahan kecamatan dan desa.

“Kami harap Panwascam baru ini terus bisa bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat karena tugas ke depan sudah menanti mereka . Untuk mendukung tugas di kecamatan mereka juga harus segera berkoordinasi dengan para camat agar membentuk sekretariat, fasilitasi tempat,” tuturnya.

Setelah itu, Supriyanto meminta para Panwascam menyiapkan diri untuk menjalankan tugas. Salah satu pekerjaan yang terdekat yakni membentuk Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Kelurahan/Desa atau PKD di masing-masing wilayah mereka.

Baca juga:  Polisi Dalami Asal Mula Mobil di Rental Sampai Sukolilo

“Tugas tahapan paling dekat adalah melakukan proses seleksi pengawas kelurahan/desa atau PKD. Proses berjalan ini untuk administrasinya kita tarik ke Bawaslu. Nanti malam akan kita umumkan PKD yang kita nyatakan lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi berikutnya dan itu nanti kita delegasikan pelaksanaannya, proses seleksinya wawancaranya ke teman-teman Panwascam,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bawaslu Pati telah melakukan proses existing mulai tanggal 19 April 2024 dan hasil pengumuman keluarkan pada tanggal 2 Mei 2024. Ada sebanyak 27 pendaftar existing dinyatakan lolos menjadi Panwascam.

Baca juga:  Diskominfo Pati Sosialisasikan Bahaya Rokok Ilegal ke Masyarakat

Sedangkan pendaftaran dengan metode rekrutmen dibuka mulai tanggal 5-7 Mei 2024. Dalam pendaftaran ini ada 36 kursi yang diperebutkan oleh ratusan pendaftar. (lut/fat)