Rembang Sabet Lomba Jambore Pokdarwis Se-Jateng 2024

SEMANGAT: Pokdarwis Praba Mandira Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, membawa juara kebanggaan pada Jambore Pokdarwis di Kudus, beberapa waktu lalu. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Praba Mandira Desa Sendangasri, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang menyabet gelar juara umum dalam ajang Jambore Pokdarwis tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) 2024 yang diselenggarakan di Kudus, Jumat-Minggu (17-19/5/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Rembang melalui Sub Koordinator Pemberdayaan dan Pembinaan Pariwisata pada Dinbudpar, Ninik Sukmasari menyampaikan, perlombaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng itu diikuti oleh 35 kabupaten/kota.

“Untuk paparan dan cerdas cermat teman-teman dari pokdarwis Praba Mandira Desa Sendangasri ini tampil terbaik. Gelar produknya juga yang terbaik. Maka dari itu pokdarwis Praba Mandira keluar sebagai juara umum, juara 1 kemampuan Pokdarwis dan juara 1 gelar produk,” papar dia.

Baca juga:  Lazismu Rembang Prioritaskan 4 Program

Dia menambahkan, penilaian pada Jambore Pokdarwis ini mengangkat beberapa point. Yang paling utama dinilai dari keaktifan kelompok sadar wisata. Tampilan tari orek-orek yang ada di depan stand sangat antusias. Mereka menunjukkan senyum sapa dan salam.

“Gelar produk yang ditampilkan disini memang berbeda dengan gelar UMKM. Maksudnya disini adalah produk yang dihasilkan oleh kelompok sadar wisata setempat. Contoh pembuatan rengginang,” imbuhnya.

Sementara itu, pada kejuaraan ini, Pokdarwis Praba Mandira mendapatkan trophy, sertifikat, dan uang sebesar Rp 2 juta pada gelar produk. Sedangkan Pokdarwis mendapatkan trophy, sertifikat dan uang sebesar Rp 4,5 juta. Semua itu diserahkan kepada Pokdarwis Praba Mandira tanpa ada potongan apapun.

Baca juga:  SMA N 2 Rembang Jadi Pilot Project Sekolah Penggerak

“Sebagai juara pada lomba jambore Pokdarwis tingkat provinsi. Pokdarwis Praba Mandira ini menjadi sasaran study banding bagi daerah-daerah lain. Selain itu juga menjadi rekomendasi destinasi wisata edukasi bagi wisatawan asing,” pungkasnya. (cr3/fat)