Figur  

Jadikan Selebgram sebagai Pekerjaan Sampingan

Sheirinda Akhirusani Samsuri
Sheirinda Akhirusani Samsuri. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

KETERTARIKAN awal Sheirinda Akhirusani Samsuri atau yang akrab dipanggil Sherin terhadap dunia kecantikan yaitu pada pertengahan tahun 2023 lalu. Hal itu bermula dari ketertarikannya bersama temannya yang sering membahas skincare atau makeup.

Lalu setelah itu, dia pun mulai terpantik untuk membuat video review skincare setalah melihat temannya yang lain melakukan hal serupa. Tapi karena masih malu untuk upload, Sherin pun memutuskan ikut beauty community dari brandbrand skincare lokal.

“Dari situ mulai banyak brand yang reach out atau ngehubungi aku secara langsung buat kerja sama. Baik secara barter value, yang artinya aku dikirimi barang untuk bikin video maupun paid endorsement yang dibayar,” terangnya, belum lama ini.

Baca juga:  Nursabilla Dwi Hardjono: Juara 1 Mapres Unwahas yang Bercita-cita Membangun Kesetaraan Gender

Saat ini, pekerjaan selebgram review makeup yang ia jalani tersebut memang hanya sebagai pekerjaan sampingan. Namun, karena hal ini sangat menyenangkan baginya, sejak Februari lalu, mahasiswa semester akhir UMBY itu mulai rutin membuat video review.

Menurutnya, segi positif yang bisa ia dapat, selain bisa menuai penghasilan, juga bisa mendapatkan barang yang ia mau tanpa harus membeli. Kemudian, selain itu juga bisa meningkatkan soft skill berbicara di depan kamera. “Termasuk juga bisa melatih skill editing dan copywriting walau ini masih jadi PR buatku,” imbuhnya.

Baca juga:  Semangat Tampil di Hari Kesaktian Pancasila

Sharen pun terus berupaya memperbaiki berbagai kekurangan dalam review makeup yang ia buat. Meskipun ia masih fokus untuk membahas produk beauty, ke depan tidak menutup kemungkinan baginya merambah berbagai produk lain.

“Kalau dari progres yang sekarang paling tidak sudah bisa full paid dulu sih. Untuk produk lain belum, masih fokus di produk beauty saja saat ini, kalau ke depannya mungkin bisa melebar ke lifestyle,” imbuhnya.

Ia juga mengaku, meskipun setelah lulus mendapatkan pekerjaan utama, apa yang ia lakukan sekarang ini masih akan ia jalankan sebagai pekerjaan sampingan. “Jadi, meskipun nanti ke depannya aku bakal dapat pekerjaan utama, aku akan tetap jalani pekerjaan sampingan ini karena aku enjoy buat jalaninya. Sekaligus ini bisa jadi personal branding aku buat menunjukkan soft skill dan hard skill yang aku punya,” pungkasnya. (nik/abd)