Jadwal Pemberangkatan Haji Rembang Dibagi 6 Kloter

BERANGKAT: Calon jamaah haji sedang persiapan untuk melaksanakan ibadah haji 2024, di gedung haji Kabupaten Rembang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang pada 2024 akan memberangkatkan 1.077 calon jemaah haji ditambah 9 Petugas Haji Daerah (PHD). Sehingga calon haji yang akan berangkat ke tanah suci dibagi menjadi 6 kelompok terbang (Kloter).

Kepala Kemenag Rembang, Moh Mukson didampingi Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Rembang, Ali Muchyidin menyampaikan, jadwal pemberangkatan calon jamaah haji tahun ini sebenarnya ada 6 kloter. Yaitu kloter 11, 80, 81, 82, 83, dan 84. Namun, kloter 11 sebagai kloter tambahan.

“Pemberangkatan pertama ada 2 orang yang tergabung dalam kloter 11 dari Desa Pelang, Kecamatan Sarang, non KBIH/mandiri. Sudah diantar oleh tim Kemenag, Kesra Setda dan Dinkes pada Selasa (14/5) lalu,” kata Mukson, belum lama ini.

Baca juga:  Bang Pipin Meriahkan Pilkada 2024 dengan Riang Gembira

Rencana pemberangkatan calon jamaah haji, kloter 80 sebanyak 20 orang yang bergabung dengan jamaah dari Pati. Dijadwalkan tiba di Asrama Haji Donohudan, Solo pada Sabtu (1/6) pukul 19.00.

“Yang berangkat 2 Juni ada tiga yaitu kloter 81 ada 170 jamaah yang bergabung dengan jamaah DIY pukul 06.00, kloter 82 ada 352 jamaah dari Rembang pukul 09.00 dan kloter 83 ada 352 jamaah penuh dari Rembang berangkat pukul 12.00,” terangnya.

Sementara pemberangkatan pada Senin (3/6) kloter 84 ada 181 jamaah yang bergabung dengan jamaah Blora pukul 06.00. Pelepasan calon jamaah haji akan dilepas oleh Bupati/Wakil Bupati di gedung haji kabupaten. Pemberangkatan akan ditarik mundur 5 jam dari jam tiba di Donohudan di masing-masing kloter.

Baca juga:  Dinsos Rembang Ajak Anak Pahami Kekerasan dan Bullying

“Sarana transportasi yang di sediakan ada 25 bus. Sedangkan sarana transportasi koper jamaah menggunakan truk colt diesel sebanyak 19 unit,” imbuhnya.

Terkait jamaah haji, kata dia, baru kali ini mendapatkan kuota terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ada peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu hanya sekitar 370 kuota.

“Kita syukuri bersama, banyak orang yang telah merindukan pergi ke tanah suci menyempurnakan rukun Islam yang ke 5. Tahun ini ada penambahan kuota. Rata-rata yang berangkat tahun ini, kuota Jawa Tengah bagi mereka yang daftar 2012, ungkapnya.

Baca juga:  Baznas Rembang Salurkan 20 Kambing di Kecamatan Sumber

Dia berharap jamaah haji tahun ini mendapatkan pelayanan yang terbaik sejak pemberangkatan sampai nanti di tanah suci. Kemudian kembali lagi ke tanah air bisa menjalani kegiatan ibadah dengan lancar. Sebagaimana tagline pelayanan haji ramah lansia.

“Kita harapkan para lansia mendapatkan prioritas layanan. Tidak hanya lansia, bahkan semuanya. Sehingga beliau bisa menikmati kegiatan ibadah ini tetap dengan rasa bahagia, nyaman dan riang gembira,” pungkasnya. (cr3/fat)