Pati  

Parkirnya Bikin Macet, Swalayan Luwes Disebut tak Punya Dokumen Adalalin

KONDISI: Tampak seseorang pengendara sedang melintasi jalan depan Swalayan Luwes Pati yang sering macet, belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Kemacetan masih sering terjadi di sejumlah ruas jalan di wilayah Pati Kota. Salah satu titik yang kerap menjadi titik kemacetan yakni jalan dr. Soetomo Pati. Tepatnya di depan Swalayan Luwes.

Parkir yang semprawut di depan swalayan tersebut dinilai menjadi penyebab utama kemacetan. Namun, permasalahan macet ini tak kunjung terselesaikan.

Terbaru, pusat perbelanjaan ternama di Bumi Mina Tani itu justru disebut belum memiliki dokumen analisis dampak lalu lintas (Andalalin). Hal itu diungkapkan oleh Kasi Pengamanan dan Keselamatan Jalan (Pamkesjal) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Abdul Rozak.

Baca juga:  17 Ribu Peserta BPJS PBI di Pati Dialihkan ke Pusat

Ia menjelaskan, Andalalin merupakan bagian terpenting berdirinya sebuah bangunan di pinggir jalan. Sehingga sebelum mendirikan sebuah bangunan perlu memiliki dokumen tersebut terlebih dahulu.

“Isinya terkait analisis kondisi lalu lintas kondisi saat ini. Kondisi saat proses pembangunan dan saat setelah swalayan ada beroperasi,” ungkapnya, belum lama ini.

Pihaknya menilai, permasalahan kemacetan seharusnya mudah ditangani jika ada dokumen Adalalin. Mengingat, dalam dokumen itu diatur kaitannya penanganan macet.

“Ini juga berisi upaya penanganan permasalahan lalu lintas. Seperti yang ditimbulkan akibat pembangunan adanya swalayan,” ujar dia.

Baca juga:  Maju Pilgub, Sudaryono Punya Misi Majukan Jawa Tengah

Saat disinggung terkait sanksi bagi Swalayan yang memiliki Dokumen Adalalin, pihaknya menyebutkan tidak memiliki kewenangan menjatuhkan sanksi. Sebab hal tersebut bukan ranah Dishub Pati melainkan ranah pihak perizinan. (lut/fat)