Prayata IX Ajang Pembentukan Karakter Pelajar DIY

KOMPAK: Salah satu tim lomba baris-berbaris Prayata IX tengah menunjukkan kebolehannya di hadapan juri di lingkungan Stadion Mandala Krida, belum lama ini. (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

SETELAH pandemi Covid-19 dinyatakan usai, SMA N 1 Yogyakarta kembali menggelar perlombaan baris-berbaris bertajuk Prayata IX. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Eksternal OSIS Bhinneka Teladan Bhakti yang rutin dihelat setiap tahunnya.

Ketua panitia Prayata IX, Kamila Atsil menjelaskan, Prayata VIII yang dijadwalkan pada 2020 terpaksa dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Namun dengan situasi yang lebih kondusif, Prayata IX kini dapat dilaksanakan kembali dengan persiapan matang.

“Tujuan dari lomba ini untuk mengajak Peleton Inti 1 dari seluruh DIY berpartisipasi serta mengembangkan minat dan bakat mereka dalam dunia baris-berbaris. Prayata IX diikuti 1.300 peserta yang terbagi dalam 44 peleton dari jenjang SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA sederajat,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Golkar Pastikan Koalisi Terbentuk Juli

Pihaknya menambahkan, lomba ini bukan sekadar kompetisi, tetapi juga wadah bagi pelajar untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan rasa percaya diri, serta menumbuhkan jiwa kompetisi sehat di kalangan pelajar dalam pembentukan karakter. “Kami berharap Prayata IX bisa mewadahi skill dan minat teman-teman Peleton Inti 1 DIY untuk berkompetisi dan menumbuhkan jiwa kompetitif,” ujarnya.

Dalam kompetisi ini, terdapat tiga pos penilaian yang masing-masing memiliki kriteria penilaian tersendiri. Penilaian mencakup aspek kekompakan, teknik, variasi, serta penilaian terhadap komandan peleton. “Setiap pos dirancang untuk melatih sikap disiplin, patriotisme, tanggung jawab, serta rasa persatuan dan kesatuan dalam setiap tim yang kemudian disaring untuk mendapatkan pemenangnya,” jelasnya.

Baca juga:  Sebarkan Ilmu Pertanian Perkotaan melalui GPP

Di akhir, dirinya menyebut juara umum dalam LBB diraih oleh SMA N 2 Yogyakarta dan MTs Mu’allimin. Para pemenang kategori lainnya meliputi SMA N 2 Yogyakarta, SMA N 2 Banguntapan, dan SMA N 1 Mlati untuk SMA Putri.

“Sedangkan kejuaraan Putra terdapat SMK N 3 Yogyakarta (B), SMK N 2 Depok, dan SMA N 2 Yogyakarta. Sementara untuk SMP terdiri dari SMP N 1 Yogyakarta, SMP N 9 Yogyakarta, dan SMP N 5 Depok,” tuturnya.

Serta MTs Mu’allimin (A), MTs Mu’allimin (B), dan SMP N 2 Yogyakarta untuk SMP Putra. “Juara danton diberikan kepada Kaisah Askara N. A. dari SMP N 1 Yogyakarta, Iqbal Andre Fitra Prayoga dari SMP N 8 Yogyakarta, Mukhlisa Dian Pangestu dari MA Mu’allimaat, dan Mohammad Nendra Narundara dari SMK N 3 Yogyakarta,” imbuhnya. (suf/abd)