Samsat Rembang Terapkan Keringanan Pajak

LAYANI: Pelayanan membayar pajak kendaraan di kantor UPPD Samsat Rembang, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Samsat Rembang kini sudah memberlakukan keringanan bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan. Program ini diberlakukan untuk yang menunggak. Selain itu juga ada diskon bagi yang membayar tepat waktu.

Diketahui, Samsat se-Jawa Tengah sedang ada program Spesial Untung yang benar-benar menguntungkan masyarakat. Mulai dari 20 Mei 2024 program Spesial Untung 4 kali lipat akan diberlakukan.

Kepala UPPD Samsat Rembang, Djoko Sudarto didampingi Kasi PKB, Hidayat Helmi menyampaikan, program ini dibagi menjadi 4 bagian. Dengan keuntungannya sendiri untuk setiap kondisi bagi pembayar pajak. Salah satunya yaitu program keringanan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Baca juga:  Dinpermades Rembang Gencar Sosialisasikan Desa Bersinar

“Bagi pembayar pajak yang menunggak pajak akan mendapat keringanan berupa potongan. Ada potongan 10%-50% atas pokok dan denda bagi yang menunggak pajak kendaraan 1-5 tahun. Keringanan Tunggakan PKB ini hanya berlaku sampai dengan 20 Agustus 2024,” ujarnya.

Sementara itu, akan ada diskon pajak tahun berkala bagi masyarakat yang taat membayar pajak. Mereka akan mendapatkan diskon roda dua sebesar 5 persen dan roda 4 sebesar 2,5 persen. Hal itu menjadi salah satu upaya membangkitkan semangat masyarakat untuk taat bayar pajak.

“Diketahui di Rembang nunggak pajak peringkat 35 dari 37 UPPD se-Jawa Tengah. Salah satu diskon itu untuk menggugah masyarakat untuk membayar pajak. Diharapkan dengan diskon tersebut yang tidak punya niat bayar pajak, jadi punya semangat lagi untuk membayar,” imbuhnya.

Baca juga:  Rembang Siapkan Listrik Masuk Sawah Lebih Efisien

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk taat bayar pajak. Karena pajak sendiri bermanfaat untuk masyarakat nantinya. Dikembalikan lagi dalam bentuk pembangunan jalan dan sebagainya. (cr3/fat)