Sugeng Siap Bersinergi Atasi Berbagai Persoalan di Yogyakarta

HIKMAT: Sugeng Purwanto saat dilantik menjadi Pj Wali Kota Yogyakarta di Bangsal Kepatihan, beberapa waktu lalu. (RIZKY ADRI KURNIADHANI/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi melantik Sugeng Purwanto menggantikan Singgih Raharjo sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta di Bangsal Kepatihan, beberapa waktu lalu. Ke depan, Sugeng siap melakukan sinergi dengan berbagai pihak untuk mengatasi persoalan di Kota Yogyakarta.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, penjabat yang baru dilantik diharapkan segera menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Secara khusus, perihal desentralisasi pengelolaan sampah dan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

“Saya yakin pejabat yang baru dilantik dapat menunaikan tugasnya dengan baik. Setelah itu agar segera dapat merencanakan dan mengimplementasikan konsep tata kelola sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Dorong Kreativitas, School Expo PAUD Digelar

Terkait penyelenggaraan rangkaian Pilkada 2024, lanjut Sultan, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta diharapkan dapat mengawal dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. “Saya berharap ASN (aparatur sipil negara) bisa menjaga netralitas, agar Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan kondusif,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengungkapkan, akan melanjutkan apa saja yang telah dijalankan oleh pejabat sebelumnya. Dengan melengkapi kekurangan yang ada, dengan melibatkan OPD dan masyarakat Kota Yogyakarta, sehingga persoalan dapat diatasi dengan baik.

“Tentunya yang baik akan kita lanjutkan. Kalau ada kekurangan, Insya Allah nanti akan kami lengkapi, dengan dorongan serta dukungan dari semua pihak dan perangkat daerah terkait, dan pastinya masyarakat Kota Yogyakarta,” paparnya.

Baca juga:  Tiga Kekerasan Terjadi di Bantul dalam Empat Hari

Adapun terkait masalah sampah, Sugeng yang juga menjabat sebagai Asisten Sekretaris Daerah DIY menilai, untuk mengatasi masalah ini, tidak hanya Pemkot Yogyakarta yang harus melakukan terobosan. Namun juga kolaborasi dengan semua pihak termasuk masyarakat, pemerintah, dan swasta dalam menciptakan desentralisasi sampah berikut pengolahannya dengan optimal.

“Saya berharap kesadaran masyarakat sendiri untuk bisa mengelola sampah dengan menarik dan bijaksana,” jelasnya.

Selain itu, terkait tugas yang harus dilakukan untuk mengawal Pilkada, Sugeng menyatakan siap. Dirinya akan memastikan setiap ASN di lingkup Pemkot dapat menjaga netralitas selama tahapan Pilkada berlangsung.

Baca juga:  Gelar RUMAKET dan Ruang Dialog Lintas Masyarakat Demi Kelestarian Budaya Kota Yogyakarta yang Berkesinambungan

“Netralitas ASN itu hukumnya wajib dan tentunya kami siap mengawal rangkaian penyelenggaraan Pilkada di Kota Yogyakarta dengan sebaik mungkin. Sehingga Pilkada bisa berjalan dengan baik, lancar dan juga kondusif,” pungkasnya. (riz/abd)