Wali Kota Semarang Minta Finishing Pembangunan RSUD Mijen Dikebut

TAMPAK DEPAN: RSUD Tipe D Mijen yang sampai saat ini belum beroperasi setelah dibangun sejak 2022. (HUMAS/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu meminta agar pemenuhan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Mijen segera dikebut. Tujuanya agar kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah Mijen bisa segera terpenuhi.

“Harus secepatnya ya kalau kemarin dari Dinkes (Dinas Kesehatan, Red.) menyampaikan belum ada dapurnya, belum ada laundry, tapi saya bilang itu sambil jalan. Karena laundry bisa dititipkan RSWN (RSD K.R.M.T. Wongsonegoro, Red.) atau bisa di-laundry-kan, agar segera cepat bisa dipakai,” ucapnya saat dikonfirmasi Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Satpol PP Kota Semarang Tegaskan Penertiban Baliho sesuai Perda

Selain itu, dirinya mengingatkan agar RSUD Mijen juga bisa diakses oleh penyandang disabilitas. Sebab akses-akses kesehatan juga harus ramah disabilitas.

“Paling penting untuk (bisa diakses kaum, Red.) difabel. Karena apapun namanya rumah sakit itu semua masyarakat akan datang,” jelas Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita.

Ia juga mendorong Dinkes Kota Semarang untuk selalu mengecek dan memantau agar pembangunan rumah sakit ini tidak sembarangan. Supaya, gedung RSUD Mijen bisa awet dan tidak mudah rusak.

“Kemudian masalah terkait saluran, kemudian talang, dan sanitasi lainnya harus diperhatikan. Karena kalau hujan biar air gak kemana-mana. Kemudian wilayah sekitarnya juga harus diperhatikan, karena di belakang gedung masih banyak rumput yang belum rapi,” terangnya.

Baca juga:  Puluhan Sapi di RPH Kota Semarang Masih Antre Disembelih

Sehingga, imbuhnya, diperlukan finishing-finishing karena rumah sakit ini sudah dibangun sejak 2022. Sebab jika tidak segera dipakai gedung bisa rusak.

Nantinya, lanjut dia, jika RSUD Mijen bisa segera dibuka, setidaknya perlu ada layanan rawat jalan untuk sementara waktu. Mengingat sumber daya manusia juga sudah disiapkan. (int/adf)