Asyiknya Edutrain Naik Kereta Ala Siswa SD Muhammadiyah BW

EDUKASI : Ratusan siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus nampak gembira menikmati edutrip menaiki Kereta dari Tawang ke Solo Balapan, akhir pekan lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Ratusan siswa SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus nampak gembira menikmati edutrip menaiki Kereta dari Tawang ke Solo Balapan. Pada kegiatan tersebut, sekolah membooking tiga gerbong kereta.

Para siswa diajak berkeliling stasiun untuk melihat fasilitas dan layanan Kereta Api Indonesia (KAI), serta bertemu dengan petugas dari berbagai profesi di stasiun dan kereta api.

Kepala SD Muhammadiyah BW, Jamaludin Kamal, menyebutkan, anak-anak belajar seputar moda transportasi kereta api. Mereka juga praktik langsung bagaimana penguatan nilai-nilai karakter tertib antri, disiplin.

Baca juga:  SDN Baluwarti Gelar Workshop untuk Perkuat Kurikulum Merdeka

“Utamanya adalah aman serta nyaman dalam menggunakan moda transportasi darat terutama kereta api. Sehingga dapat menanamkan cinta dan bangga dengan Kereta Api Indonesia,” ujarnya kepada Joglo Jateng, pada Sabtu, (25/05/2024)

Selain itu, lanjut Jamal, para siswa ini juga akan diajarkan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin naik kereta. Mulai dari membeli tiket baik secara online maupun langsung di loket stasiun.

“Mereka juga akan diajarkan bagaimana cara check in, boarding, hingga mencari nomor kereta dan tempat duduk,” imbuhnya.

Sambil menikmati langsung pelayanan KAI selama perjalanan dengan kereta api. Petugas yang mendampingi para siswa ini mensosialisasikan beberapa hal penting terkait perkeretaapian. Mulai dari etika dan aturan dalam perjalanan, sosialisasi terkait keselamatan di pelintasan sebidang, dan larangan vandalisme.

Baca juga:  SDN Baluwarti Gelar Karya dan Pentas untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila

“Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan kepedulian akan keselamatan baik selama di stasiun, selama di perjalanan dengan kereta api, maupun di sepanjang jalur akan meningkat.

Pihaknya juga berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan kecintaan di kalangan generasi muda terhadap transportasi massal berbasis rel ini, sehingga akan tumbuh kesadaran untuk sama-sama menjaga sarana dan prasarana kereta api untuk keselamatan bersama.

“Dan tentunya sesuai dengan tagline selamat belajar untuk mencari inspirasi agar tetap menjadi generasi Birrul Walidain yang Santun, Empati, Humanis, Berprestasi dan Tetap Membumi (Sehati),” pungkasnya. (cr1)