MTsN 9 Bantul Tebar Kasih Sayang lewat Pembagian Sembako

BERSAMA: Kegiatan perkemahan penggalang Lomba Tingkat I MTsN 9 Bantul Tahun 2024 di Bumi Perkemahan Lindu Gedhe, beberapa waktu lalu. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

ANGGOTA Pramuka dari MTs Negeri 9 Bantul melaksanakan kegiatan sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat di sekitar Bumi Perkemahan Lindu Gedhe, Sengon, Prambanan, beberapa waktu lalu. Tujuan utama dari pembagian sembako ini adalah untuk menegaskan pentingnya kasih sayang sesama manusia.

Kegiatan itu menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Perkemahan Penggalang Lomba Tingkat I yang diikuti oleh lebih dari 300 siswa dari kelas VII dan VIII. “Kami ingin menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial kepada para siswa,” ujar Ketua Panitia Mohammad Fadli Hidayat, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Dinperinkopukm Yogyakarta Gelar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian untuk Tingkatkan Minat Berkoperasi Remaja

Pihaknya menambahkan, paket sembako yang dibagikan berasal dari sumbangan anggota Pramuka yang turut serta dalam perkemahan. Melalui program ini juga, pihaknya berharap agar dapat mengajarkan siswa siswi MTsN 9 Bantul untuk saling berbagi.

“Ini adalah wujud nyata dari salah satu poin Dasadharma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa dapat lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Senada, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Moh. Rosyid turut mendukung kegiatan ini sejalan dengan program Moderasi Beragama yang dicanangkan di MTsN 9 Bantul. Ajaran Islam selalu mengajarkan untuk menyayangi dan mengasihi sesama tanpa pandang bulu.

Baca juga:  Hari Lingkungan Hidup, Wujudkan Bantul Bersama 2025

“Nilai kasih sayang sesama manusia sangat penting dan relevan dengan program Moderasi Beragama. Kami ingin menciptakan generasi muda yang memiliki sikap moderat, menghargai perbedaan, dan penuh kasih sayang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut meliputi latihan survival, permainan kelompok, dan diskusi nilai-nilai Pramuka yang digelar untuk memperkuat karakter para siswa. Kegiatan perkemahan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman berharga bagi para siswa.

“Kami ingin mereka tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan peduli terhadap lingkungan serta sesama. Dengan kegiatan seperti ini, kami berharap siswa dapat meneladani ajaran Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (suf/abd)