Kudus  

Pemdes Ngembal Kulon Bangun 55 Titik Jalan

GOTONG ROYONG: Warga Desa Ngembal Kulon sedang melakukan gotong royong bangun desa, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng –  Pemerintah Desa (Pemdes) Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kudus kini tengah fokus memperbaiki infrastruktur jalan untuk masyarakat. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 55 titik jalan yang sudah dibangun.

Kepala Desa Ngembal Kulon, Moh Khanafi menyampaikan, nantinya masyarakat yang tinggal di dalam gang bisa juga menikmati akses jalan yang telah diperbaiki. Selain itu, dampaknya akan mengurangi konflik sosial antar sesama organisasi masyarakat yang ada.

“Tujuannya memberikan manfaat yang mana adanya kepastian hukum, mengurangi konflik sosial, dan muncul kegiatan ekonomi. Artinya, penjual keliling bisa mudah untuk dilewati,” ungkapnya kepada Joglo Jateng.

Baca juga:  Disdikpora Kudus Ajak SD Ciptakan Transisi PAUD Menyenangkan Jelang PPDB

Tak hanya itu, apabila infrastruktur telah diperbaiki maka nilai tanah menjadi naik. Maksudnya, tanah yang memiliki akses jalan dapat menambah nilai jual tanah. Sebelumnya, pada awal 2021 lalu Pemdes Ngembal Kulon telah berencana ingin membangun akses jalan.

“3 tahun lalu, kita punya rencana bangun jalan. Yang dibangun itu kebetulan jalan buntu, tidak ada jalan untuk masuk. Lewat diskusi dan musyawarah warga yang melakukan kesepakatan bersama,” tukasnya.

Lebih lanjut, bagi warga yang tanahnya dilewati untuk pembangunan, maka pembuatan jalan itu harus disepakati bersama. Kemudian, barulah bisa dilakukan pembangunan. Setelah disepakati, pemdes membantu memfasilitasi dengan cara mempertemukan warga yang tanahnya akan dibuat jalan.

Baca juga:  Polres Kudus Beri Bantuan Korban Kecelakaan

“Kemudian pembuatan jalan itu, pemdes juga mencarikan bantuan. Proses pengerjaan dilakukan oleh swadaya masyarakat,” pungkasnya. (cr3/fat)