Baznas Rembang Targetkan Rp 10,3 M

Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory.
Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

REMBANG, Joglo Jateng – Jumlah anggaran untuk mencapai target yang dibebankan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang tahun ini sebesar Rp 10,4 miliar. Oleh karena itu, ketua Baznas mengambil kebijakan beberapa program untuk mencapai target tersebut.

Ketua Baznas Rembang, Mohammad Ali Anshory menyampaikan, target tahun ini cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 2023 lalu, ditarget Rp 7,3 miliar dengan realisasi Rp 4,3 miliar.

“Melihat kondisi sebelumnya masih banyak dana yang belum terkumpul. Pihaknya menilai hal itu disebabkan kurangnya koordinasi dengan masyarakat luas. Kemudian kurang meyakinkan masyarakat untuk menitipkan zakatnya ke Baznas dan sebagainya,” ucapnya belum lama ini.

Baca juga:  KPU Rembang Butuh 1.922 Pantarlih di Pilkada 2024

Upaya yang dia lakukan dengan melakukan koordinasi dengan banyak pihak. Termasuk setiap kegiatan selalu dipublikasikan secara terus menerus. Dia terus berusaha menyakinkan masyarakat dengan program dan action di lapangan. Menurutnya itu cara yang paling efektif untuk digagas.

“Seperti penyaluran bantuan kambing, produk UMKM, Rumah Tak Layak Huni (RTLH), santunan fakir miskin, zet auto, zet chicken, dan lainnya,” tuturnya kepada Joglo Jateng.

Dengan target tahun ini yang lebih banyak daripada tahun lalu, dia terus berusaha maksimal untuk menyalurkan zakat dengan sebaik-baiknya. Untuk mencapai target itu tidak mudah, yang paling penting adalah terus mengusahakan. Saat ini dia masih tahap meyakinkan masyarakat dulu terkait penyaluran zakat, infaq, dan shodaqoh.

Baca juga:  Wujudkan Transparansi, Pemkab Rembang Laksanakan Program CMS

“Harapan kami teman-teman para ASN, orang-orang kaya, pengusaha, dan orang-orang lainnya di Kabupaten Rembang bisa menitipkan zakatnya sebesar 2,5 persen ke Baznas,” tandasnya. (cr3/fat)