Jepara  

Penyesuaian Masa Jabatan, Pj Bupati Jepara Kukuhkan 184 Petinggi

JABATAN: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat mengukuhkan 184 Petinggi Desa di Pendopo Kartini Jepara, Rabu (29/5/2024). (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta resmi mengukuhkan jabatan sebanyak 184 Petinggi Desa. Mereka memperoleh penyesuaian masa jabatan, mulai dari periode ini serta ditambah dua tahun berikutnya.

Penyesuaian masa jabatan selama dua tahun itu, tertuang dalam UU Nomor 3 tahun 2024 Tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, sesuai dengan Keputusan Bupati Jepara nomor 141.1/108 S/D 110 tahun 2024.

Artinya per tanggal 27 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah memutuskan perpanjangan masa jabatan Petinggi. Dari yang semula hanya enam tahun, kini menjadi delapan tahun.

Baca juga:  BUMDes Jadi Simpul Penggerak Ekonomi Desa

“Sudah kami kukuhkan 184 Petinggi se-Jepara yang masa perpanjangannya mulai 2024. Bahkan beberapa dari mereka ada yang sampai 2030,” papar Edy Supriyanta usai pengukuhan di Pendopo Kartini, Rabu (29/5/2024).

Berkat perpanjangan masa jabatan, pihaknya meminta supaya Petinggi menuntaskan pekerjaan yang ada, seperti stunting, BPJS serta menjaga kondusifitas Pilkada 2024, khususnya pada Pemilihan Bupati (Pilbup).

“Semua harus komitmen untuk menuntaskan pekerjaan yang ada. Ketika menaati dan mematuhi peraturan, perpanjangan masa jabatan dua tahun ini tidak akan ada konflik, insyaallah Jepara aman,” terang dia.

Baca juga:  Anggaran tak Kunjung Cair, Sejumlah Cabor di Jepara Mandek
SEMANGAT: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan ratusan petinggi foto bersama di depan Pendopo Kartini Jepara, Rabu (29/5/2024). (MUHAMMAD AGUNG PRAYOGA/JOGLO JATENG)

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, Haizul Maarif mengingatkan kepada Petinggi Desa, supaya perpanjangan masa jabatan diimbangi dengan semangat kinerja.

Perpanjangan masa jabatan, menurutnya, merupakan hasil dari tuntutan para Petinggi Desa ketika di Senayan, Jakarta. Sehingga penting untuk membuktikan slogan meredam eksesif dan menjaga kondusifitas di desa.

“Meningkatkan kinerja, ini sangat penting sekali. Sebab masa jabatan yang lama artinya pertanggungjawaban juga kian besar. Kami sambut baik atas perpanjangan masa jabatan petinggi, semoga amanah,” ujar Haizul Maarif.

Baca juga:  Peringati Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Ajak Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

Pada kesempatan itu, turut hadir Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm. Syarifuddin Widianto, serta Ketua Papdesi Jepara sekaligus Petinggi Ndaren Edy Khumaidi.

Tidak ketinggalan, usai pengukuhan yang dipimpin Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, mereka melangsungkan foto bersama di depan Pendopo Kartini Jepara dengan mengepalkan tangan dan memekikkan dentuman ‘perjuangan’. (map/gih)