SD Muhammadiyah Pandes Terima Kunjungan Ahli Matematika Internasional

BAHAGIA: Prof. Ivana Mihaila dari California State Polythechnic University saat menerima hadiah berupa wayang dari anak-anak SD Muhammadiyah Pandes, Selasa (28/5/24). (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – SD Muhammadiyah Pandes mendapat kunjungan pembelajaran internasional dari salah satu profesor universitas ternama di Amerika Serikat. Kunjungan ini berisi pendampingan pendidikan matematika bagi sekolah dasar.

Kepala SD Muhammadiyah Pandes, Daryanto mengungkapkan, sekolahnya baru saja menerima kunjungan dari Prof. Ivana Mihaila, seorang ahli pendidikan matematika internasional yang berkeinginan melihat langsung proses pembelajaran matematika di Indonesia. “Kami menjadi sekolah pertama yang dikunjungi oleh Prof. Mihaila. Dalam kunjungannya, ia mengamati proses pembelajaran matematika dari awal hingga akhir,” ungkapnya, Selasa (28/5/24).

Baca juga:  Hari Pertama PPDB, Wali Calon Murid Ramai Berkonsultasi

Pihaknya menambahkan, setelah mengikuti pembelajaran, Prof. Mihaila mengadakan dialog dengan siswa-siswa meskipun terdapat keterbatasan bahasa. Dialog tersebut tetap berlangsung lancar dan penuh antusiasme.

“Kegiatan ini melibatkan dua kelas sampel yang terdiri dari sekitar 60 siswa kelas 4A, serta beberapa siswa perwakilan dari kelas 1 hingga kelas 6 yang turut serta dalam dialog interaktif,” jelasnya.

Dikatakan bahwa Prof. Mihaila memberikan apresiasi atas semangat dan partisipasi siswa dalam mempelajari matematika. Ia juga mencatat berbagai metode kreatif yang digunakan para guru untuk menjelaskan konsep-konsep matematika kepada siswa.

Baca juga:  SD 2 Bacin Asah Otak Siswa Melalui Ekstra Sempoa

“Pendekatan ini sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika. Selain itu, Prof. Mihaila berencana merekomendasikan mahasiswanya untuk memantau perkembangan pembelajaran matematika di Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, SD Muhammadiyah Pandes pernah menerima kunjungan dari delegasi pendidikan Malaysia. Kunjungan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan metode pembelajaran yang diterapkan di masing-masing negara.

“Kunjungan dari Malaysia ini memberikan wawasan baru bagi para guru dan siswa di SD Muhammadiyah Pandes. Dengan adanya kunjungan dan pendampingan dari Prof. Mihaila, mutu pembelajaran matematika di sekolah kami akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Baca juga:  MTsN 4 Bantul Gelar IHT untuk Membangun Zona Integritas

Sementara itu, tenaga pendidik California State Polytechnic University, Prof. Ivana Mihaila mengungkapkan rasa bahagianya terhadap sambutan yang diterima dari anak-anak. Pasalnya, sejumlah siswa terlihat sangat antusias dalam menerima pembelajaran yang diberikan olehnya.

“Anak-anak di sini sangat aktif. Saya senang karena respons yang saya dapatkan ketika memberikan bimbingan pengajaran sangat disukai anak-anak, meskipun kita ada keterbatasan dalam bahasa,” tuturnya. (suf/abd)