Tingkatkan Kemampuan, MTsN 9 Sleman Targetkan Satu Siswa Satu Prestasi

BERPOSE: Siswa MTsN 9 Sleman saat berfoto dengan piala yang didapat di halaman sekolah, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBDAI/JOGLO JOGJA)

DALAM rangka meningkatkan kemampuan peserta didik, MTsN 9 Sleman mengajak muridnya untuk dapat mewujudkan satu siswa satu prestasi. Hal itu dilakukan untuk mengasah kemampuan siswa, sehingga bisa meraih prestasi sebanyak mungkin.

Kepala MTsN 9 Sleman, Siti Juwariyah mengatakan, ia telah memanggil seluruh wali kelas untuk menanyakan target prestasi siswa di setiap kelas. Di mana saat kenaikan sekolah, dirinya ingin siswa didiknya mendapatkan prestasi dari segala bidang.

“Meskipun saya bilang semua siswa harus mendapatkan prestasi, namun target saya setiap kelas bisa mendapatkan 10 prestasi. Jika bisa terwujud, saya sudah senang sekali, meskipun prestasi yang didapat hanya dari online,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  MTs Al-Wustho Kalinyamatan Cetak Siswa Berwawasan Qurani

Dikatakan bahwa mendaftarkan siswanya pada perlombaan secara online tidak memberatkan siapa pun, karena gratis. “Mengikuti kejuaraan dengan online itu murid berasa main game, tidak perlu tampil dan tahu-tahu juara. Saat saya menyarankan itu, terdapat 15 anak yang berhasil mendapat medali perak dari perlombaan secara online,” terangnya.

Jujuk menambahkan, ketika mendapat juara, peserta biasanya diminta untuk membayar piala dan sertifikat sebesar Rp85.000. Jika tidak, maka hanya mendapatkan file dan membayar Rp25.000. “Jika mendapatkan juara akan diambilkan dengan kas kelas. Karena mereka yang mendapatkan prestasi mengharumkan nama sekolah. Sehingga tidak terlalu membebankan dalam pengambilan piala yang didapat,” paparnya.

Baca juga:  Asesmen Akhir Tahun di MTs Negeri 9 Bantul Berjalan Lancar dan Tertib

Semester lalu, prestasi siswa yang telah didapat berjumlah 34 prestasi, sedangkan semester ini sudah 25 prestasi. “Itu belum di tambah yang online. Karena siswa kelas VII dan VIII masih bisa menambah medali lebih banyak lagi. Saya berharap dalam setahun siswa mendapatkan 100 medali,” pungkasnya. (riz/abd)