Kudus  

206 Calon Jemaah Haji Kudus Kloter Pertama Diberangkatkan

MOMEN: Sedang berlangsung proses upacara keberangkatan jemaah haji asal Kudus dilepas secara resmi oleh Penjabat Bupati Kudus, Hasan Chabibie, di depan Pendopo Kudus, Rabu (29/5/2024). (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Sebanyak 206 orang calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter pertama asal Kabupaten Kudus diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Solo. Keberangkatan tersebut dilepas secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Hasan Chabibie, di Pendopo Kudus, Rabu (29/5/2024).

Dengan menggunakan 5 unit bus jamaah kloter 68 nampak berangkat sekitar pukul 09.00 WIB. Beberapa pihak keluarga juga ikut berjajar mengantarkan para jemaah.

Pj Bupati Kudus, M Hasan Chabibie mengungkapkan, hari ini merupakan momentum yang ditunggu para calon jemaah haji kurang lebih 12 tahun. Hingga tiba pada 2024 ini penantian tersebut bisa dilaksanakan untuk memenuhi ibadah haji sebagai panggilan Allah dan melaksanakan rukun Islam ke lima.

“Selama 40 hari ke depan setidaknya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengambil hikmah. Dengan tidak lupa menjaga fisik khususnya saat di Armina. Yang menguras fisik, tenaga hingga emosi,” ungkapnya kepada para jemaah saat pelepasan.

Baca juga:  TMMD Jalan dan Jembatan di Desa Puyoh Telah Rampung

Ia turut mengapresiasi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus yang telah memfasilitasi persiapan para calon jemaah haji dengan baik. Mulai dari penginapan, cathering, bis dan petugas yang mendampingi.

“Semoga berjalan lancar, mulai dari persiapan di Kudus, Embarkasi Solo, hingga ke Tanah Suci Makkah  dan kembali ke Kudus nanti,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kudus, H Suhadi menjelaskan, kloter pertama yang berangkat ini tidak hanya jemaah asal Kudus. Tetapi ditambah 149 jemaah dari Kabupaten Demak. Sehingga totalnya 355 jemaah.

Alhamdulillah kloter pertama lancar tidak ada halangan apapun. Sehingga kami harapkan semua jamaah bisa berangkat dengan selamat,” jelasnya kepada wartawan usai keberangkatan.

Baca juga:  Penjual Souvenir Haji Buka Lapak di JHK Kudus

Pihaknya pun berpesan kepada para calon jemaah haji yang diberangkatkan untuk tetap menjaga kesehatan. Lebih lagi cuaca panas yang ada di Tanah Suci Mekkah.

“Jemaah harus menaati tim kesehatan dan saran petugas. Dan sampai saat ini mereka semua dalam kondisi sehat,” imbaunya.

Ia menambahkan pemberangkatan jemaah haji asal Kudus dibagi menjadi lima kloter. Pada kloter pertama yaitu kloter 68 terlebih dahulu berkumpul di Pendapa Kabupaten Kudus pukul 07.30 WIB. Dan pada pukul 09.00 WIB diberangkatkan menuju ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Baca juga:  Monitoring Kelompok Peternak, Dispertan Kudus Bantu Bibit Kambing

“Diperkirakan pada pukul 12.00 WIB, kloter pertama dari Kudus itu nanti masuk ke Asrama Haji Donohudan. Dan pukul 11.00 WIB take off pada Kamis (30/5/2024) menuju ke tanah suci,” imbuhnya.

Di hari yang berbeda, jemaah haji asal Kudus di kloter 69 yang berjumlah 355 orang berangkat pada Kamis (30/5/2024) pukul 02.00 WIB. Dilanjutkan pukul 06.00 WIB pemberangkatan jemaah kloter 70 sebanyak 355 jemaah menuju ke asrama haji Donohudan

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, kloter selanjutnya yaitu 71 berjumlah 355 jemaah diberangkatkan ke Asrama Haji. Dan yang terakhir Kamis (30/5/2024) pukul 12.00 WIB, jemaah haji Kudus atau kloter 72 berjumlah 124 orang juga berangkat ke asrama haji Donohudan.  (cr1/fat)