Jepara  

Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Imbau Jaga Kesehatan

KOMPAK: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kemenag Jepara, dan para pimpinan Forkopimda tengah memimpin pelepasan pemberangkatan ibadah haji di Pendopo R.A. Kartini, Kamis (30/5/2024). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta melepas pemberangkatan ribuan jemaah calon haji di Pendopo R.A. Kartini, Kamis (30/5/2024).

Sebanyak 1.410 jemaah calon haji diberangkatkan dengan dua sesi. Yakni pada Kamis dan Jumat (30-31/5).

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan selamat dan turut bersuka cita atas keberangkatan para jemaah calon haji. Menurutnya, keberangkatan haji perlu disyukuri bersama karena tidak semua orang mampu melaksanakannya.

“Alhamdulillah kali ini menjadi kesempatan bagi para jemaah untuk bisa menunaikan haji. Semoga menjadi haji yang mabrur dan berkah,” ungkapnya saat memberi sambutan.

Baca juga:  Unisnu Siap Jalin Kerjasama dengan Pemkab Jepara

Dirinya pun meminta para jemaah calon haji menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Juga mengatur pola makan dan beristirahat yang cukup agar dapat menjalankan rangkaian ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, Edy juga berpesan agar jemaah calon haji untuk menjaga nama baik bangsa dan negara. Sebab, secara tidak langsung jemaah calon haji merupakan perwakilan atau duta bangsa.

“Bapak ibu saya minta untuk selalu bersama dengan rombongan, jangan terpisah-terpisah. Gunakan waktu untuk ibadah sebaik mungkin,” paparnya.

SIMBOLIS: Pj Bupati Jepara saat melakukan pelepasan para calon jamaah haji di halaman Pendopo R.A. Kartini, Kamis (30/5/2024). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara Akhsan Muhyiddin menyampaikan, dari 1.410 jemaah calon haji, 30 persennya adalah lansia. Sedangkan, jumlah tersebut juga belum 4 calon haji yang membatalkan pemberangkatan dikarenakan sakit. Adapun 4 calon haji itu berasal dari Kecamatan Mayong, Kembang, dan Kedung.

Baca juga:  Peringati Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Ajak Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

“Ini ada 4 jemaah yang tidak ikut karena sakit, dan akan digantikan. Tapi yang menentukan pihak Solo, tidak bisa digantikan langsung dari Jepara,” jelasnya kepada awak media.

Terkait kondisi cuaca ketika sampai di Madinah, pihaknya telah menyiapkan alat pelindung diri (APD), 3 orang tenaga kesehatan, dan 3 orang yang memberikan pelayanan dan perlindungan pada jamaah haji (PHD). Sehingga, diharapkan para jamaah dapat membatasi kegiatan yang tidak berhubungan dengan ibadah haji.

“Diperkirakan sampai 50 derajat cuacanya, dengan itu para jemaah bisa membatasi hal-hal yang kurang peting, fokus ibadah. Dipersilahkan ibadah sunnah, tapi utamakan ibadah wajibnya,” pungkasnya.

Baca juga:  Koalisi Minimalis Samakan Persepsi untuk Pilkada Jepara

Turut mendampingi, jajaran pimpinan forkopimda, polres, dan lainnya ikut melepaskan pemberangkatan tersebut. (cr4/gih)