Jepara  

Pemkab Siap Dukung Program PWI Jepara

SINERGI: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama stakeholder terkait saat menghadiri acara Pelatihan dan Penguatan Kapasitas Wartawan Jurnalisme Kriminal di Caffe HJNF Corner Jobokuto, Rabu (29/5/24). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Pemerintah Kabupaten Jepara siap mendukung kemajuan program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat menghadiri Pelatihan dan Penguatan Kapasitas Wartawan Jurnalisme Kriminal di Caffe HJNF Corner Jobokuto, Kecamatan Jepara, Rabu (29/5/24).

“Kami siap mendukung teman-teman PWI untuk meningkatkan kualitas jurnalisme kriminal. Tentu kegiatan ini harus benar dicermati sebagai mana kode etik wartawan,” paparnya.

Edy menginginkan para wartawan dapat memahami kode-kode etik jurnalistik. Sehingga, setiap tulisan yang dipublikasikan dapat dipahami dan tidak menimbulkan miss informasi bagi masyarakat.

Baca juga:  Pj Bupati Jepara Instruksikan ASN untuk Zakat melalui Baznas

Pihaknya juga mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya terhadap PWI Jepara yang sudah bekerja sama dalam pemberitaan di Kabupaten Jepara. “Wartawan harus berbekal jurnalistik dengan baik. Bagaimana kita bisa mengamankan informasi,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Dirinya mengapresiasi kerja sama yang terjalin saat ini. Sebab, menurutnya, wartawan menjadi pilar ke empat demokrasi yang harus selalu dijaga.

Kapolres Jepara ingin menjaga hubungan baik kepada para insan jurnalis. Sehingga, pihaknya berkomitmen akan selalu terbuka terhadap informasi yang dibutuhkan oleh para jurnalis.

Baca juga:  Lepas Ribuan Calon Jemaah Haji, Pj Bupati Imbau Jaga Kesehatan

“Tidak ada teman media pasti informasi tidak akan cepat tersampaikan kepada masyarakat. Jadi, kami ucapkan terimakasih banyak atas kerjasamanya,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Jepara, Budi Santoso mengatakan, pelatihan seperti ini harus kerap dilaksanakan untuk meningkatakan potensi jurnalis dalam bekerja. Sebab, lanjut dia, jurnalistik kriminal menjadi salah satu perhatian menarik bagi masyarakat.

“Topik itu menjadi menarik. Memang memerlukan pendekatan khusus, sekiranya bisa membuat semua pihak yang terlibat bisa mendapatkan posisi yang sama dan aman di dalam hukum,” jelasnya Pak Te sapaan akrabnya.

Baca juga:  Ketua DPRD Jepara Ajak Tokoh Masyarakat Jalin Ukhuwah

Dengan ada pelatihan ini kata pak Te, para wartawan terkhusus yang tergabung dalam PWI Jepara bisa lebih memahami dan tidak tersandung kasus. “Teman-teman bisa memerlukan penyegaran. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat, kesamaan pandang mengenai kegiatan jurnalisme bidang kriminal,” ucapnya. (cr4/fat)