Pj Gubernur Jateng Minta Pemda Intens Koordinasi dengan Penyelenggara Pemilu Jelang Pilkada 2024

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. (HUMAS/JOGLO JATENG)
SEMARANG, Joglo Jateng – Menjelang penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/ kota di wilayahnya untuk melakukan koordinasi intensif dengan penyelenggara pemilu. Sehingga, proses demokrasi itu dapat berjalan lancar.
Nana menyampaikan, saat ini tahapan hajatan politik lokal lima tahunan ini sudah berjalan. Pada Agustus 2024 nanti, sudah mulai dilakukan pendaftaran calon. Sementara, tahapan pemungutan dan penghitungan suara akan dilaksanakan pada November 2024.
“Dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada 2024, KPUD dan Bawaslu harus kita support sepenuhnya,” katanya, seusai melantik Pj Bupati Banjarnegara, Grhadika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (28/5/2024).
Ditambahkan, sinergisitas dan koordinasi harus terus dilakukan antara pemerintah kabupaten/kota, Forkopimda, dengan penyelenggara pemilu. Menurut dia, kolaborasi itu harus terus dijaga dengan optimal, demi kesuksesan Pilkada Serentak 2024.
“Tentu perlu adanya rapat koordinasi yang intensif. Saya yakin kalau kita solid dan sinergis, semua akan dapat dihadapi dengan baik,” katanya.
Nana menargetkan, Pilkada serentak di Jawa Tengah ini harus sukses, tanpa ada permasalahan. Sebab, secara umum Jawa Tengah sudah siap untuk menjaga, mengawal dan menyukseskan Pilkada Serentak.
Dalam kesempatan itu, Pj gubernur memberi catatan pada penyelenggaraan Pemilu 2024 lalu, masih ada penyelenggara maupun petugas pemilu yang meninggal dunia. Karenanya, hal itu mesti diantisipasi, agar tak terulang pada Pilkada ini.
“Saya minta agar TPS, Linmas, dan personelnya disiapkan. Koordinasi dengan KPUD, untuk mengusahakan petugas yang memiliki kemampuan dan kesehatan,” kata Nana.
Dia menilai, penyelenggaraan Pemilu lalu secara umum berjalan secara kondusif dan lancar.
“Pemilu kemarin bejalan baik dan lancar. Tidak ada permasalahan yang menonjol. Pertahankan. Ke depan kita hadapi pilkada. Waktu bejalan cepat, jadi siapkan dengan matang,” tandas Nana. (hms/rds)