Kudus  

Satu Calon Jemaah Haji Asal Kudus Batal Berangkat

MENYIMAK: Ribuan calon Jemaah haji asal Kudus saat mengikuti pelatihan manasik, beberapa waktu lalu. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Calon jemaah haji (calhaj) asal Kudus yang berangkat ke Tanah Suci berkurang menjadi 1.394 orang dari 1.395 orang. Menjelang keberangkatan, seorang calon jemaah haji (calhaj) asal Kudus diduga memilih mengundurkan diri karena sakit.

Menurut keterangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kudus, Suhadi. Calhaj yang mengundurkan diri tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 55 tahun warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Calhaj tersebut, kata dia, diduga sakit keras, sehingga tak bisa berangkat ke tanah suci.

“Tidak terlalu paham sakitnya apa. Kemungkinan jantung,” terangnya.

Baca juga:  Kenali Kretek Situbondo di Acara Festival Kali Gelis

Suhadi menjelaskan, ia merupakan calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 68. Pihaknya mengaku telah melaporkan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Tengah terkait kemunduran seorang jemaah haji Kudus tersebut.

“Adanya kemunduran calhaj itu sangat lumrah. Dan harapannya semua calhaj asal Kudus bisa menjaga kesehatan semuanya agar tidak ada lagi kemunduran,” jelasnya.

Dengan mundurnya satu jemaah haji pihaknya tidak dapat melakukan pergantian dengan calon jemaah haji cadangan. Sebab, waktu keberangkatan sudah terlalu dekat.

“Namun, biaya pendaftaran haji dapat dikembalikan atau dilimpahkan ke ahli waris. Saat ini sudah terlambat dan mepet untuk penggantian calhaj yang mengundurkan diri. Sehingga tidak bisa digantikan oleh kuota cadangan,” ujarnya.

Baca juga:  PPDB SMA 2024 Sediakan Ada Empat Jalur

Dia juga mengimbau agar jemaah haji menjaga kesehatan. Selain itu juga mengurangi aktivitas sebelum keberangkatan.

”Untuk 1.394 jemaah kondisinya sehat dan siap berangkat. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang mundur,” terangnya. (cr1/fat)