SD Negeri Tamanan Gelar Karya & Market Day Jadi Ajang Pameran Kreativitas

SERU: Anak-anak tengah melakukan demo pembuatan batik eco print yang telah dipelajari, Rabu (29/5/24). (MUHAMMAD ABU YUSUF AL BAKRY/JOGLO JOGJA)

SEKOLAH Dasar (SD) Negeri Tamanan menggelar acara tahunan Gelar Karya dan market day secara meriah dengan menampilkan hasil kreativitas siswa, serta terintegrasi dengan promosi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan hasil karya siswa dari kelas 1, 2, 4, dan 5, termasuk demo pembuatan manik-manik, eco print, telur asin, dan pempek.

“Selain pameran karya, acara ini juga menampilkan market day yang ditujukan bagi seluruh pengunjung. Market day ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan bisnis mereka,” ujar Ketua panitia Gelar Karya P5 SD Negeri Tamanan, Rahmadal Agus Mujianto, Rabu (29/5/24).

Baca juga:  SDIT Umar bin Khathab Miliki 3 Kelas Unggulan

Pihaknya menambahkan, tujuan utama dari gelar karya P5 juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Anak-anak diberikan kesempatan untuk memamerkan karya-karya yang telah mereka pelajari selama di sekolah. “Kami ingin anak-anak merasa bangga dengan karya mereka dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat,” tuturnya.

Tidak hanya pameran dan market day, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan di atas panggung. Siswa-siswa menampilkan puisi, tarian, senam ritmik, dan senam lantai yang menghibur seluruh pengunjung. “Penampilan ini juga merupakan bagian dari upaya kami untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang seni dan olahraga,” ucapnya.

Baca juga:  Peduli Lingkungan, SMP 3 Satu Atap Gebog Tanam 200 Rumput Vetiver

Selain itu, untuk menarik minat masyarakat sekitar dan mempromosikan PPDB, SD Negeri Tamanan juga mengadakan lomba mewarnai tingkat TK. Sasaran utama lomba ini adalah TK-TK yang berdekatan dengan SD Negeri Tamanan.

“Kami menargetkan partisipasi dari enam TK terdekat dari SD, dan empat di antaranya telah berpartisipasi. Dengan total peserta yang melebihi target awal, yakni 100 dan surplus menjadi 101 anak,” tuturnya.

Dengan adanya kegiatan seperti lomba mewarnai, diharapkan promosi PPDB dapat lebih efektif. SD Negeri Tamanan menargetkan untuk mengisi dua kelas dengan total 56 siswa. “Kami berharap acara ini dapat meningkatkan minat orang tua untuk mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah kami,” jelasnya. (suf/abd)