Figur  

Sista Aliya: Manajemen Waktu Kunci Sukses Kuliah Cumlaude dan Aktif Berorganisasi

Sista Aliya Sari

SEBAGAI mahasiswa yang aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus, Sista Aliya Sari (20) harus tepat membagi waktunya untuk kuliah dan berorganisasi. Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus ini mengaku, selama kuliah ia menerapkan manajemen waktu yang ketat. Bahkan dirinya sering menulis jadwal di buku saku sebagai schedule (jadwal) hariannya.

“Paling utama yang perlu diingat mengenai manajemen waktu. Karena dengan hal itu semua dapat tertata dengan rapi,” ungkap dara asal Jepara itu, belum lama ini.

Menurutnya, banyak manfaat yang di dapat dari manajemen waktu. Ia dapat aktif di berbagai organisasi. Seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

Baca juga:  Terinspirasi dari Kakak, Efrida Ikuti Karate hingga Juara

Meski banyak organisasi yang diikuti, ia tidak khawatir dengan nilai kuliahnya. IPK yang didapat pun cumlaude. Karena Sista membiasakan diri untuk tidak menunda pekerjaan dan menghargai waktu.

“Kalau bisa buat jadwal kegiatan agar waktu tidak bertabrakan dan tugas tetap aman. Misal ada waktu longgar atau wekeend bisa buat organisasi,” ujar pecinta travelling ini.

Dirinya menekankan pentingnya keikutsertaan organisasi bagi mahasiswa. Karena selain mendapat relasi serta meningkatkan skill sebagai bekal di dunia kerja, organisasi juga mengajarkannya untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

Baca juga:  Nursabilla Dwi Hardjono: Juara 1 Mapres Unwahas yang Bercita-cita Membangun Kesetaraan Gender

Ia berpesan, jika ingin menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu dan menjadi insan yang produktif, maka harus bijak dan pintar dalam mengelola waktu. Karena dampak baik itu bukan hanya dirasakan oleh diri sendiri, melainkan lingkungan sekitar.

“Jangan takut gagal, tantang diri sendiri. Cobalah hal baru dan keluar dari zona nyaman. Sebab, dengan itu kita bisa mengembangkan diri serta mempersiapkan karir ke depannya,” pungkasnya. (cr4/adf)