Pati  

42 Bus Antar Calon Jemaah Haji Asal Pati

ILUSTRASI: Pemberangkatan calon jemaah haji di Kabupaten Pati tahun 2023 lalu. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Sebanyak 42 bus disi mengangkut seribu lebih jemaah haji asal Kabupaten Pati. Calon jemaah haji tersebut akan diantar ke Asrama Haji Donohudan, Kebupaten Boyolali sebelum terbang menuju tempat cuci.

Puluhan bus itu bakal mengangkut lima kloter calon jemaah haji asal Bumi Mina Tani. Dari mulai kloter 76 mengangkut sebanyak 225 calon jemaah haji, kloter 77 terdiri dari 352 calon jemaah, kloter 78 sebanyak 352 calon jemaah, kloter 79 diisi 352 calon jemaah dan kloter 80 terdiri dari 332 jemaah haji.

Baca juga:  Diduga Palsukan Celana Merek Cardinal, Wanita Asal Pati Diseret ke Pengadilan

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Pati Abdul Hamid menjelaskan, kloter 76 dan kloter 77 bakal diberangkatkan hari ini. Calon jemaah haji dari kloter 76 bakal diangkut 6 bus dan kloter 77 diangkut 9 bus.

Sementara kloter 78, kloter 79 dan kloter 80 bakal diberangkatkan pada Sabtu (1/6/2024) besok lusa. Masing-masing kloter tersebut bakal diangkut dengan 9 bus.

“Jadi total ada 42 bus yang kami siapkan untuk pemberangkatan 5 kloter jemaah haji asal Kabupaten Pati. Kloter 76 pakai 6 bus. Sisanya 9 bus. Total jemaah haji 1.617 asal Kabupaten Pati,” kata dia.

Baca juga:  Aplikasi Srikandi Diluncurkan, Pengelolaan Arsip Beralih ke Digital

Hamid menuturkan, pihaknya telah menyiapkan kebutuhan pemberangkatan jemaah haji. Di mana, sebanyak 1.617 calon jemaah haji tersebut diberangkatkan dari Alun-alun Pati.

“InsyaAllah semuanya sudah siap. Dari armada, konsumsi dan tempat-tempat untuk salat Jumat sudah disiapkan,” terangnya.

Ia menambahkan, setiap armada nantinya mendapatkan pengawalan yang ketat dari petugas keamanan. Pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian maupun pihak TNI untuk menyukseskan proses keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Pati ini.

“Semoga berjalan dengan lancar. Tidak ada pengurangan jemaah saat pemberangkatan nanti dan semoga pulangnya juga tidak ada pengurangan,” pungkasnya. (lut)