Kudus  

Dewan Minta Dispertan Kudus Teliti Lahan Desa Menawan yang Ikuti Program Penanaman Tembakau

Anggota Komisi B DPRD Kudus, Sutejo
Anggota Komisi B DPRD Kudus, Sutejo. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – DPRD Kabupaten Kudus meminta Dinas Pertanian (Dispertan) untuk segera melakukan penelitian lahan yang cocok digunakan penanaman tembakau. Pasalnya, Desa Menawan, Kecamatan Gebog telah terpilih sebagai salah satu desa dari 16 kabupaten/kota dalam program penanaman tembakau Dinas Pertanian Perkebunan (Distanbun) Provinsi Jawa Tengah.

Anggota Komisi B DPRD Kudus, Sutejo mengatakan, Kota Kretek disebut sebagai salah satu tempat produksi rokok, tetapi untuk persediaan bahan baku di Kudus tidak ada. Setelah Desa Menawan terpilih oleh Distanbun Jateng untuk program itu, pihaknya sangat mendukung penuh.

Baca juga:  Serunya Akhir Pekan di Susu Moeria

“Kami mendukung disitu. Karena sekaligus produk rokoknya dan bakunya tersedia disini. Paling tidak memudahkan dalam mencarinya. Disamping itu atas bantuan dana cukai untuk petani, bisa diakses untuk petani tembakau Kudus,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, kemarin.

Terlebih selama ini ada bantuan untuk beberapa kelompok tertentu misalnya peternak kambing. Dengan begitu, bisa menggunakan dana cukai. Tetapi penerimanya harus petani tembakau bukan petani biasa, apabila menginginkan bantuan.

“Nah kalau di Desa Menawan ini kesempatan mendukung petaninya punya kegiatan yang lain. Disamping dia fokus menanam tembakau itu. Kami menginginkan juga daerah pegunungan lain untuk mengikutinya,” bebernya.

Baca juga:  SPPT Miliki Fungsi Penting Bagi Wajib Pajak

Dia berharap seperti itu, sebab banyak bantuan yang diberikan petani tembakau berkaitannya dengan hal tersebut. Disamping itu, pihaknya juga mencoba berkoodinasi secara berkala untuk dinas terkait dalam melakukan penelitian lahan yang cocok digunakan untuk penanaman tembakau.

“Kami sudah menyarankan kepada Dispertan Kudus mungkin salah satu tindak lanjut dispertan atau OPD lain. Bahasanya menggerakkan masyarakat yang dimungkinkan tanahnya bisa ditanam tembakau. Karena tanah di Kudus tidak bisa seperti Mejobo karena tanahnya gembur.

Sehingga petani tembakau di fokuskan untuk wilayah pegunungan Kudus termasuk Kecamatan Bae, Kecamatan Dawe, dan Kecamatan Gebog. Menurutnya itu merupakan dataran tinggi. (adm/fat)