Dinperinkopukm Yogyakarta Gelar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian untuk Tingkatkan Minat Berkoperasi Remaja

FOKUS: Para peserta saat mengikuti lomba Tangkas Terampil Perkoperasian tingkat SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi se-Kota Yogyakarta Tara Hotel Yogyakarta, belum lam ini. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Dinas Perindustrian Koperasi UKM (Dinperinkopukm) menggelar Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian tingkat SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se-Kota Yogyakarta Tahun 2024 di Tara Hotel Yogyakarta, belum lama ini. Hal itu untuk mendorong terbentuknya koperasi  modern serta saling membantu dalam memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, serta membiasakan remaja untuk gemar menabung sejak dini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan, Kementerian Koperasi dan UMKM mendorong terbentuknya 100 koperasi baru yang modern dan berbasis digital per tahun. Sehingga, perlu adanya upaya untuk memajukan koperasi modern menjadi pilar dalam mendorong UMKM yang merupakan kunci kebangkitan ekonomi nasional.

Baca juga:  Joko Lempar Jawab ke Halim soal Maju Bersama

“Selain memahami koperasi, siswa ini juga harapannya mempunyai sikap gotong-royong dan saling membantu dalam memenuhi kebutuhan, dunia bisnis, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta membiasakan remaja untuk gemar menabung sejak dini,” ungkapnya, belum lama ini.

Ia menambahkan, selain membangun semangat generasi muda yang sudah familier dengan teknologi, Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian ini mampu menerapkan inovasi-inovasi dalam bidang usaha dan manajemen yang bermanfaat bagi koperasi.

“Saya berharap, tidak sekedar teori dan pengetahuan semata, namun lebih penting lagi diimplementasikan dalam praktik di lingkungan sekolah masing-masing. Sehingga koperasi bagi anak muda mampu memajukan koperasi sesuai dengan perkembangan zaman yang ada,” jelasnya. (riz/abd)