Hendi dan Rukma Daftar Cagub melalui PDIP

SEMANGAT: Hendrar Prihadi saat mengembalikan formulir calon gubernur di Panti Marhen Semarang, Kamis (30/5/24). (LU'LUIL MAKNUN/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Seluruh kadidat yang mengambil formulir calon gubernur (Cagub) dan calon wakil wali kota (Cawagub) Jawa Tengah di Panti Marhen, Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng mengembalikan formulir di hari terakhir, Kamis (30/5). Diketahui, dua orang yang mendaftar sebagai Cagub yakni mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) dan mantan Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi.

Sementara sosok yang mendaftar Cawagub yaitu Anggota DPR RI Komisi II Riyanta, Bupati Klaten Sri Muyani, dan mantan Gubernur Jateng 2013-2018, Heru Sudjatmoko.

Pantauan Joglo Jateng, kadidat pertama yang datang ke Panti Marhen adalah Mantan Wali Kota Semarang yang saat ini menjabat Kepala LKPP RI, Hendrar Prihadi. Dirinya datang bersama istri dan anaknya beserta puluhan relawan yang mendukung.

“Alhamdulillah hari ini hari terakhir tanggal 30 Mei 2024. Kita mengembalikan berkas formulir calon gubernur Jawa Tengah dari PDI Perjuangan. Tadi dari teman-teman panitia menyatakan berkas kami lengkap, sehingga akan diteruskan kepada DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” jelas Hendi pada awak media.

Baca juga:  Bank Jateng Raih Penghargaan The Best Regional Champion 2024 dari The Asian Post

Ia menambahkan, pengembalian formulir Bacagub Jateng ini sebagai langkah awal kontribusinya untuk memajukan Jawa Tengah menjadi lebih baik. Pihaknya pun siap mendapat rekomendasi dari Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri.

“Ini langkah awal semua prosesnya masih panjang. Jadi kalau ditanya setelah ini apa pak? Ya pasti kita menunggu hasil rekomendasi dari pimpinan partai PDI Perjuangan kalau nanti sudah keluar rekom langsung gas pol,” akunya.

Pihaknya juga sudah mulai berkomunikasi dengan teman-teman relawan di Jateng. Namun Hendi mengaku belum menyalakan mesin, hanya sekadar bediskusi.

“Sekarang ini kita lagi merawat beberapa teman-teman yang ada di Jawa Tengah ini mulai kita kontak-kontak. Nanti kalau dapat rekom dibantu ya, tapi belum kita nyalakan mesinnya baru bisik-bisik aja,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku legowo atas apapun keputusan partai nantinya. Ditanya mengenai sosok yang bakal mendampinginya menjadi wakil gubernur apabila mendapat rekom, Hendi mengaku siap bekerja dengan siapapun.

Baca juga:  Hendi Ambil Formulir Pendaftaran Gubernur

“Saya ini adalah kader partai yang loyal, jadi saya akan menerima apapun keputusan tersebut. Pokoknya siapa saja sepanjang partai sudah tentukan itu adalah pilihan yang terbaik,” tandasnya.

Sementara itu, Mantan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi mengatakan alasannya mendaftar sebagai cagub tak lain karena melihat mirisnya perpolitikan di Indonesia. Terutama maraknya politik praktis.

“Mengingat ada perpolitikan di negara kita yang amburadul. Sehingga banyak sekali politik praktis yang dilakukan dan dimana hal itu tidak sesuai dengan ideologi kita. Kepinginnya kita berjuang bersama dalam koridor kerakyatan,” akunya.

Ia berharap ke depan PDI Perjuangan kembali memimpin Jateng lewat kadernya. “Begitu rekomendasi turun, siapapun yang mendapat (rekomendasi) itu harus kita sengkuyung bersama. Kita dukung bersama untuk berjuang dan bisa berhasil menduduki Gubernur Jateng,” tegasnya.

Rukma pun mengaku tidak akan mendaftar melalui partai lain. Baginya PDI Perjuangan merupakan tempat dimana ia dibesarkan.  “Tidak (mendaftar di partai lain), hanya di PDI Perjuangan. Karena PDI Perjuangan tempat saya dibesarkan, sehingga tidak akan ke partai lain tidak mencla-mencle,” tandasnya.

Baca juga:  Pemprov Jateng Berhasil Pertahankan Opini WTP 13 Kali Berturut-turut

Lebih lanjut, Panitia Penerima pengembalian Formulir Cagub/Cawagub, Joko Purnomo menyatakan bahwa sebanyak 7 berkas kadidat kontestasi Pilgub sudah pihaknya Terima. Dari jumlah tersebut baru dua yang berkasnya lengkap.

“Sudah kami terima 7 berkas, dua diantaranya sudah lengkap yaitu milik Hendi dan Sri Mulyani. Tapi yang lain sudah diminta untuk melengkapi secepatnya,” ujarnya.

Di sisi lain, turut hadir mengembalikan formulir sebagai Calon Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati Wali Kota di Panti Marhen, antara lain, mantan ajudan Ganjar Pranowo Bima Eka Sakti sebagai Cawabup Tegal, kemudian Cawabup Purbalingga Mahendra Farizal, lalu Cabup Jepara M Iqbal Tosin atau Iqbal Bejeu serta Cabup Jepara Jadug Trimulyo Ainul Amri. (luk/gih)