Juknis PPDB SD SMP di Kudus Bakal Dirilis Awal Juni

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus, Anggun Nugroho
Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus, Anggun Nugroho. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus tengah menggodok  mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Nantinya petunjuk teknis (juknis) akan disosialisasikan pada awal Juni 2024. Tercatat terdapat 425 SD negeri dan swasta dan 54 SMP negeri maupun swasta di Kabupaten Kudus yang akan segera membuka PPDB Juni mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus, Anggun Nugroho, menyebutkan, tepatnya pada Senin (3/6/2024), juknis pelaksanaan PPDB akan disosialisasikan. Sebelum itu, Rabu (29/5/2024) pihaknya bersama kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) melakukan rapat koordinasi (rakor).

Baca juga:  SMP 1 Jekulo Sajikan Kebhinekaan dalam Agenda P5

“Sosialisasi PPDB ini akan dilakukan bersama kepala sekolah. Agar mekanisme secara detail bisa dipahami,” ujarnya pada Selasa, (28/05/2024)

Adapun, lanjut dia, isi sosialisasi terkait PPDB yang akan disampaikan yaitu terkait jadwal, ketentuan, jalur untuk PPDB. Menurutnya pentingnya sosialisasi mekanisme PPDB dilakukan sebab teknis penyelenggaraan di jenjang SMP cukup rumit.

“Di jenjang SMP, ada tambahan mekanisme PPDB secara daring melalui aplikasi sehingga harus dipraktikkan langsung. Sedangkan di jenjang SD mekanisme pendaftaran dilakukan offline sehingga lebih mudah,” imbuhnya.

Dikatakan Anggun, juknis yang dibuat tidak jauh-jauh dari Permendikbud nomor 1 tahun 2021 yang berpedoman dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 47/M/2023 Tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baca juga:  Dies Natalis ke-44, UMK Segera Sikapi Perubahan Zaman

“Isinya PPDB jenjang TK, SD, SMP. Termasuk PPDB SMP offline dan PPDB SMP online. Sekaligus Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMP 3 Kudus,” katanya.

Pihaknya mengaku berupaya maksimal agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar. Sekaligus membuat semua pihak merasa nyaman.

“Dari hal ini kami berupaya untuk selalu melakukan perbaikan penyelenggaraan PPDB. Sehingga dapat lebih baik ke depannya,” ungkapnya.  (cr1/fat)