Jepara  

Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji, Gus Haiz Ingatkan Panas di Arab Saudi

DOAKAN: Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif saat melepas pemberangkatan calon jemaah haji di Pendopo Kartini Jepara, Jumat (31/5). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif melepas pemberangkatan ratusan calon jemaah haji di Pendopo Kartini Jepara, Jumat (31/5). Dalam kesempatan itu, Gus Haiz sapaannya, mengingatkan kondisi panas di Arab Saudi. Oleh sebab itu para jemaah diminta untuk menjaga kesehatan.

Gus Haiz menyebutkan, cuaca di Arab Saudi lebih dari 40 derajat celcius. Sehingga ia meminta kepada para jemaah untuk membatasi aktivitas yang dirasa tidak perlu.

“Terutama perlu disiapkan saat pelaksanaan ibadah wukuf. Apabila wukuf di Padang Arafah usai dengan kondisi kesehatan yang prima, maka dipersilahkan menjalankan aktivitas lain, seperti ibadah sunnah,” jelasnya.

Baca juga:  Pembangunan RSI NU Cakra Medika Terus Dikebut

Ia juga menyampaikan, untuk menjaga kesehatan para jemaah haji Kabupaten Jepara, terdapat sebelas tenaga kesehatan yang siap mendampingi. Mereka terbagi menjadi lima kloter dan bertugas mengawal apabila sewaktu-waktu ada yang sakit.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Gus Haiz juga menyampaikan selamat dan mendoakan kepada para jemaah supaya menjadi haji yang mabrur. Karena kemabruran adalah tujuan utama dari haji itu sendiri.

“Predikat mabrur memang hak prerogatif Allah yang disematkan kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Sehingga kemabruran adalah tujuan utama dari haji itu sendiri. Sebagai hamba hanya bisa berikhtiar,” terang dia.

Baca juga:  KPU Jepara Bawa Kearifan Lokal dalam Maskot Pilkada

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Jepara telah melepas keberangkatan sebanyak 1.410 calon jemaah haji. Pelepasannya dibagi menjadi dua sesi, yang pertama pada Kamis (30/5) oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, dan yang kedua pada Jumat (31/5) oleh Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif.

Sebelumnya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengimbau agar jemaah selalu menaati peraturan Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah Indonesia, dan selalu menjaga nama baik Jepara. Sebab Jemaah haji merupakan perwakilan negara dan disaksikan oleh berbagai orang dari berbagai negara.

“Saling menjaga, baik yang tua dan yang muda. Saling mendampingi. Sebagai warga muslim terbanyak di dunia, jemaah haji asal Indonesia khususnya Jepara perlu juga menjaga nama baik, jangan seenaknya,” ucap Edy. (map/gih)