8.536 PKD di Jateng Siap Tancap Gas Sambut Pilkada

Anggota Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin
Anggota Bawaslu Jateng, Muhammad Rofiuddin. (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Sebanyak 8.536 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di Jateng siap tancap gas menjalankan berbagai tugasnya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Mereka berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Rofiuddin manyampaikan bahwa sebanyak 8.536 PKD ini sudah melalui berbagai proses tahapan dan seleksi. Adapun seleksi dilakukan melalui administasi dan tes wawancara sejak tanggal 13 Mei sampai dengan 31 Mei 2024.

“Jajaran pengawas pemilu di tingkat desa kelurahan sudah ready atau siap. Mereka akan dikerahkan secara maksimal untuk mengawasi tahapan Pilkada 2024,” kata Rofi, akhir pekan lalu.

Baca juga:  Disdik Kota Semarang Buka Jalur Prestasi untuk PPDB SMP Tahun Ini

Lebih lanjut Rofi menyebut bahwa PKD terpilih tersebut tersebar di 576 kecamatan se Jawa Tengah. Mereka telah menguasai materi mengenai dasar pengawasan, pengelolaan sumber daya manusia, pemahaman tahapan Pilkada 2024, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa akan diberikan kepada pengawas terpilih.

“Mereka juga akan segera melakukan kerja kerja pencegahan dan pengawasan pilkada, khususnya melakukan sosialisasi pengawasan Pilkada 2024 ke masyarakat sekitar dan stakeholder terkait,” jelas Rofi.

Bawaslu Provinsi Jawa Tengah berharap agar Pengawas Kelurahan/Desa yang telah dilantik segera tancap gas untuk bekerja secara profesional. Menjaga integritas dan kedisiplinan menjadi syarat mutlak yang harus dilakukan.

Baca juga:  Satpol PP Kota Semarang Tegaskan Penertiban Baliho sesuai Perda

“Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga berharap partisipasi masyarakat untuk ikut bersama sama mengawal Pilkada 2024,” tandasnya. (luk/gih)