Kudus  

Dinarpus Kudus Rencanakan Gedung Perpustakaan Baru

RAMAI: Tampak aktifitas di area Pasar Baru Kudus, belum lama ini. Rencananya Dinarpus Kudus aman membangun gedung perpustakaan yang direncanakan berdiri di tanah seluas 13.600 m² berada di depan pasar. (UMI ZAKIATUN NAFIS/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpus) Kabupaten Kudus tengah merencanakan pembangunan gedung perpustakaan baru. Pembangunan ini direncanakan di tanah seluas 13.600 m² yang berada di depan Pasar Baru Kudus dengan usulan anggaran Rp 15 miliar.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Arpusda Kudus, Kusnaeni menyebutkan, pembangunan gedung baru diupayakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Yakni melalui perbaikan fasilitas, kenyamanan, dan tempat bermain supaya mampu menarik pengunjung.

“Bertambahnya antusias masyarakat membuat tempat yang tersedia kurang memadai. Jadi dirasa perlu ada penambahan ruangan agar pengunjung nyaman,” ujarnya.

Baca juga:  Rencana Aksi Perubahan Iklim, PKPLH Kudus Adakan Lomba ProKlim

Ia menilai, beberapa tahun ini antusias masyarakat untuk melakukan literasi cenderung meningkat. Ditambah banyaknya kegiatan di Perpusda. Sehingga membutuhkan tempat yang lebih.

“Jika masih dilakukan dengan kondisi demikian maka akan mengganggu lainnya dengan lokasi yang sempit. Dan khawatirnya menganggu orang yang sedang membaca,” bebernya.

Oleh sebab itu, lanjut Kusnaeni, pembangunan gedung baru diperlukan untuk memaksimalkan kegiatan literasi. Sehingga antusias masyarakat pun semakin meningkat.

“Gedung baru nanti akan dibuat lebih representatif. Dengan harapan banyak masyarakat yang akan berkunjung ke Perpustakaan Daerah,” sambungnya.

Baca juga:  Pemdes Langgardalem Dukung Penuh Festival Kaligelis

Ia merinci, anggaran untuk pembangunan sebesar Rp 15 miliar. Dengan peruntukkan Rp 10 miliar pembangunan gedung dan Rp 5 miliar untuk keperluan fasilitas.

“Perpusda membutuhkan penambahan buku, komputer, dan fasilitas pendukung lainnya. Serta ada fasilitas lain yang harus segera diperbaiki atau diperbanyak agar lebih memadai,” paparnya. (cr1/fat)