Implementasi Pelajaran Fikih, 145 Siswa Ikuti Manasik

SERU: Sejumlah siswa kelas IX dari MTs N 9 Bantul tengah menikmati kegiatan manasik haji yang dilaksanakan di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI/JOGLO JATENG)

SEBANYAK 145 siswa kelas IX dari MTs Negeri 9 Bantul bersama dengan 15 pendamping, melaksanakan kegiatan Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang, beberapa waktu lalu. Kegiatan manasik haji ini merupakan bagian dari implementasi materi pelajaran Fikih kelas VIII tentang haji.

Kepala MTsN 9 Bantul Siti Solichah mengatakan, kegiatan ini bertepatan dengan musim haji. “Alhamdulillah, manasik haji kali ini bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji jamaah Indonesia gelombang II. Hal ini memberikan kesan seolah-olah kami juga ikut berangkat haji dengan pelaksanaan haji yang sesungguhnya,” ujarnya, belum lama ini.

Baca juga:  Pentas Seni SMPN 4 Pemalang, Tampilkan Hasil Karya P5

Sementara itu, Ketua Panitia Ahmad Mutahid menyebutkan, manasik haji ini sepenuhnya dikelola oleh guru-guru keagamaan MTsN 9 Bantul. Menurutnya, komitmen guru dalam mengawal proses belajar siswa sangat tinggi.

“Kami memastikan agar siswa benar-benar memahami dan dapat melaksanakan tata cara ibadah haji dengan baik. Terlebih kami mengusung tema Memaknai Ibadah Haji, Membina Generasi Islami dan bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang ibadah haji,” ujarnya.

Guru Fikih MTsN 9 Bantul Ida Zusnani menegaskan, haji merupakan rukun Islam yang kelima. Dirinya berharap, kegiatan manasik haji ini dapat memberikan gambaran nyata kepada siswa tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesungguhnya.

Baca juga:  Ciptakan Budaya Gemar Membaca Melalui Perpustakaan Jelita

“Dengan demikian, kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan cita-cita dalam hati setiap siswa untuk menunaikan rukun Islam yang kelima di masa depan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teori, tetapi juga praktik langsung mengenai berbagai tahapan dalam ibadah haji,” pungkasnya. (suf/abd)