Jepara  

Peringati Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Ajak Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

KOMPAK: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama Jajaran Forkopimda dan kepala OPD Kabupaten Jepara bersua foto bersama setelah melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Sekretariah Daerah Kabupaten Jepara, Senin (3/5/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

JEPARA, Joglo Jateng – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengajak seluruh komponen masyarakat Jepara untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut sebagai upaya untuk menjaga keberlanjutan dan relevansi nilai-nilai luhur Pancasila dalam menjawab tantangan dan perubahan zaman.

Ajakan itu, Edy ungkapkan saat dirinya menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila bertajuk “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” di Halaman Kantor Sekretariat Kabupaten Jepara, Senin (3/5/2024).

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia,” jelas Edy.

Edy juga menginstruksikan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat memaknai peran Pancasila sebagai filtrasi masuknya budaya asing ke Indonesia. Sehingga, tidak mengalami disorientasi di masa mendatang. Lebih lanjut, dia meminta untuk menyiarkan konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan menghindari berita hoaks.

Baca juga:  Yayasan MSI dan DKK Jepara Lakukan Screening TBC

Karena upacara Hari Lahir Pancasila juga bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup, pihaknya berharap agar masyarakat sadar dan peduli akan menjaga kelestarian lingkungan.

MEMIMPIN: Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Sekretariah Daerah Kabupaten Jepara, Senin (3/5/2024). (ISTIMEWA/JOGLO JATENG)

“Kalau di sekolah, hari ini memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Lingkungan Hidup. Tujuannya untuk pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengajak kepada masyarakat untuk memaknai kedua hari besar itu untuk melaksanakan P5 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”, yaitu gaya hidup yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memenuhi kebutuhan hidup manusia secara berkesinambungan.

Baca juga:  Disdikpora Jepara Dorong Satuan Pendidikan Pahami Regulasi PPDB

“Ajak anak-anak muda untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan mencipatakan keseimbangan. Karena akan berdampak baik bagi manusia maupun lingkungan sekitar,” katanya.

Turut hadir pada upacara tersebut jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pegawai lingkungan Pemkab Jepara dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. (cr4/gih)