Pati  

Sampah Berserakan di Pinggir jalan Jakenan-Winong

KONDISI: Sampah tampak berserakan di pinggir jalan Jakenan-Winong , belum lama ini. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Tumpukan sampah berserakan di pinggir jalan Jakenan-Winong Kabupaten Pati. Kondisi ini pun dikeluhkan warga sekitar maupun pengendara jalan yang melintas karena membuat kumuh dan menimbulkan bau tak sedap.

Salah satu warga sekitar, Sukartini (31) mengungkapkan bahwa tumpukan sampah di pinggir Jalan Raya Jakenan-Winong sudah berlangsung selama dua bulan ini. Ia juga sering menyaksikan orang membuang sampah sembarang di tempat tersebut.

“Saya sempat lihat ada pedagang makanan yang membuang sampah di situ. Biasanya pas fajar sebelum subuh,” ungkap perempuan yang rumahnya tidak jauh dari lokasi tumpukan sampah itu.

Baca juga:  Perda Cagar Budaya Bisa Jadi Pijakan Pembangunan Museum

Sementara itu, salah satu pengendara, Febri Eko Wicaksono (32) mengeluh saat melintasi jalan tersebut. Sebab kondisinya kotor dan baunya tidak sedap.

“Saya tutup hidung saat lewat sini. Baunya sangat menyengat. Itu kebanyakan sampah sisa makanan yang dibuang para pedagang,” keluh dia.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati, Tulus Budiharjo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa (pemdes) setempat untuk membersihkan tumpukan sampah itu. Menurutnya, kondisi akibat minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.

“Kita akan komunikasi dengan pemerintah desa setempat. Tapi memang kesadaran kita belum sampai untuk bertanggungjawab terhadap sampah yang ditimbulkan sendiri,” ucap dia.

Baca juga:  BPBD Pati Sebut Sumur Dalam tak Berfungsi Saat Kemarau

Tulus menyebut, tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan tidak hanya di pinggir Jalan Raya Jakenan-Winong saja. Namun juga terjadi di lokasi lainnya.

“Kita dari lingkungan hidup tidak henti-hentinya untuk mengatasi. Soalnya kita juga masih banyak keterbatasan untuk penyediaan sarana. Kita perhatikan dan eksekusi di lapangan,” tuturnya. (lut/fat)