Konvoi Pelat Merah Awali Rangkaian HUT Pemkot ke-77

IRING IRINGAN: ASN lingkungan Pemkot Yogyakarta saat mengendarai motor roda dua tua untuk melakukan ziarah ke makam Wali Kota Yogyakarta, Senin (3/6/24). (HUMAS/JOGLO JOGJA)

KOTA, Joglo Jogja – Mengawali rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta pada 7 Juni 2024, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan ziarah ke mantan Wali Kota Yogyakarta. Di mana mereka menggunakan kendaraan pelat merah roda dua keluaran lama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, iring-iringan kendaraan roda dua dengan usia lama ini sebagai awal rangkaian HUT ke 77 Pemkot Yogyakarta. Rombongan beriringan menuju makam Wali Kota Yogyakarta terdahulu yang telah tiada. “Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengingat kembali jasa sekaligus mendoakan para sosok yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta,” ungkapnya, Senin (3/6/24).

Baca juga:  KPU Kota Yogyakarta Lantik 205 Petugas Pemilu, Petugas Pantarlih Segera Dibentuk

Ia menambahkan, kegiatan itu sengaja menggunakan kendaraan dinas roda dua agar menumbuhkan rasa kebersamaan antar ASN Pemkot. Selain itu, konvoi roda dua dipilih agar bisa menjadi momentum yang berkesan selama bekerja di lingkungan Pemkot.

Aman berharap, dengan kegiatan tersebut para ASN Pemkot Yogyakarta mampu meneladani jasa-jasa yang dilakukan oleh mantan Wali Kota. Pihaknya juga mengajak seluruh jajaran ASN Pemkot Yogyakarta agar ikut memeriahkan dan berkontribusi dalam menyemarakkan HUT ke-77 Pemkot Yogyakarta.

“Karena dengan hal tersebut akan menambahkan kekompakan kita. Semoga HUT ke-77 Pemkot Yogyakarta bisa lebih greget dari tahun-tahun sebelumnya dengan berbagai aktivitas yang juga mendukung pembangunan di wilayah Kota Yogyakarta,” tambahnya.

Baca juga:  Penjualan Hewan Kurban Alami Lonjakan

Sementara itu, Pelaksana Harian (plh) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Wirawan Haryo Yudho mengatakan, acara ini merupakan bentuk penghormatan kepada para Wali Kota terdahulu. “Ini memang agenda tiap tahun. Tentunya banyak jasa beliau dalam pembangunan Kota Yogyakarta. Harapannya nantinya dapat menjadi suri teladan bagi ASN Pemkot dalam rangka mengabdi bangsa dan negara,” pungkasnya.

Usai dilepas, rombongan ini melanjutkan perjalanan menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara yakni makam Soegiarto yang merupakan Wali Kota Yogyakarta periode 1981-1986. Di TMP ini, selain berziarah ke makam Soegiarto, juga dilakukan ziarah ke makam Jendral Besar Soedirman. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke arah selatan, yakni menuju Makam Karangkajen yang merupakan makam Wali Kota Yogyakarta periode 1991-2001 R. Widagdo. (riz/abd)