UMY Catatkan 6.437 Pendaftar Mahasiswa dari Berbagai Negara

ILUSTRASI: Mahasiswa internasional sedang berpartisipasi dalam acara International Cultural and Culinary Festival (ICCF) 2024 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (HUMAS/JOGLO JOGJA)

UNIVERSITAS Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah pendaftar mahasiswa internasional. Tahun ini, kenaikan terjadi hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 6.437 pendaftar.

Kepala Kantor Urusan Internasional UMY, Idham Badruzaman mengungkapkan, peningkatan ini merupakan hasil dari upaya aktif UMY dalam mempromosikan diri dan memperluas jaringan kerja sama di negara-negara ASEAN. “Tahun lalu, UMY telah melakukan kunjungan ke beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam untuk memperkenalkan UMY dan menjalin kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan di sana,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  PDIP Putuskan tidak Jadi Oposisi

Lebih lanjut, UMY menargetkan untuk menjadi universitas unggulan di ASEAN pada tahun 2025. Kerja sama dengan negara-negara ASEAN akan memberikan dampak positif bagi UMY dalam berbagai aspek, termasuk pertukaran mahasiswa, pengabdian masyarakat, dan kehadiran dosen tamu.

“Pendaftar ini berasal dari berbagai belahan dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa, meskipun fokus utama UMY tetap pada negara-negara di Asia Tenggara. Kami fokus untuk mendapatkan kepercayaan calon mahasiswa di kawasan ini serta memperluas jaringan kerja sama melalui perjanjian jangka panjang yang bermanfaat bagi UMY,” jelasnya.

Baca juga:  Lora Collection: Merangkai Keindahan Kayu Sungkai dan Rotan dalam Desain Minimalis Lovise

Pihaknya menyoroti kemudahan aksesibilitas informasi tentang UMY yang dapat diakses calon mahasiswa dari seluruh dunia melalui platform digital seperti situs web resmi dan media sosial. “Hal ini turut berkontribusi pada peningkatan pendaftaran dari negara-negara yang belum pernah dikunjungi oleh UMY. Negara-negara seperti Nigeria, Gambia, Yaman, dan Pakistan menjadi penyumbang terbesar pendaftar dari luar Asia Tenggara. Bahkan, terdapat pendaftar dari Eropa dan Amerika Serikat, menunjukkan daya tarik UMY yang semakin luas di kancah internasional,” tuturnya.

UMY juga berencana untuk terus memperluas jangkauan internasionalnya, termasuk melalui kerja sama dengan perwakilan resmi Indonesia di luar negeri, seperti kedutaan besar, untuk mengadakan pameran pendidikan dan memberikan informasi kepada calon mahasiswa internasional.

Baca juga:  DKPP Bantul Berharap Lahan Wedi Kengser Berproduksi Maksimal

“Kami juga secara rutin menawarkan beasiswa penuh kepada mahasiswa internasional. Tingginya minat dari mahasiswa internasional juga didukung oleh kepercayaan dari Kementerian Luar Negeri yang memberikan beasiswa khusus bagi mahasiswa internasional di UMY sejak tahun lalu,” pungkasnya. (suf/abd)