Wisata  

Keindahan Tersembunyi Kali Ndayung, Surga Wisata Alam di Kaki Gunung Muria

POTRET: Nampak para pengunjung tengah bermain air di wisata Kali Ndayung, Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Sabtu (1/6/2024). (LIA BAROKATUS SOLIKAH/JOGLO JATENG)

WISATA alam Kali Ndayung Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara kian ramai. Sedari awal viral pada tahun lalu hingga sekarang, destinasi tersebut tidak pernah sepi didatangi pengunjung.

Sungai yang mengalir di kaki Gunung Muria ini airnya jernih. Lingkungan sekitarnya juga masih asri. Tidak heran, jika pengunjung lebih memilih mengisi waktu libur dengan bermain ke Kali Ndayung.

Untuk menuju lokasi, pengunjung memerlukan waktu kurang lebih 10 menit dari pintu masuk. Teruntuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor, dianjurkan berhati-hati. Sebab, jalannya masih berbatu dengan tanjakan dan turunan yang menantang.

Salah satu pengunjung wisata Kali Ndayung, Sri Tambariyati Sania bersama dua temannya menjajal berlibur ke wisata ini untuk kali pertama, belum lama ini. Mereka tampak asyik bercengkerama sembari menikmati suasana, juga sambil menikmati mendoan dan kopi.

“Bagus banget. Selain asri, airnya jernih. Aman juga buat semua kalangan, dari anak hingga dewasa,” ungkapnya.

Menurut Sri, pemandangan pohon rindang nan hijau di Kali Ndayung cukup memanjakan mata. Aliran air yang tidak deras, seolah mengajak pengunjung berelaksasi dan mengambil jeda dari penatnya rutinitas sehari.

“Baru pertama ke sini langsung seneng. Gubuknya juga masih sedikit, jadi tidak mengurangi keasrian alamnya. Cocok buat liburan,” tambahnya

Hal senada juga disampaikan oleh Nur Amalia. Baginya, wisata Kali Ndayung menjadi salah satu spot favorit wisata yang pernah ia jajaki. Sebab Kali Ndayung masih mempertahankan keasriannya. Meski, pengelolaan wisata ini sudah hampir satu tahun lebih.

“Aku udah pernah nyobain ke berbagai wisata air di Jepara, dan rekomendasi tempat bagus salah satunya ya Kali Ndayung. Apalagi tiket masuknya juga murah,” ujarnya.

Cukup dengan membayar Rp 10 ribu, dirinya bisa melihat keindahan surga yang tersembunyi. Selain menjadi tempat refreshing, wisata Kali Ndayung juga bisa bisa menjadi tujuan kamping. Pengelola mengizinkan wisatawan untuk berkamping dengan syarat izin terlebih dahulu, menjaga lingkungan, dan menaati aturan yang ada. (ara/adf)