Perkuat Sinergisitas Layanan Adminduk dengan Kalurahan

TERTIB: Terlihat warga Bantul saat mengakses layanan kependudukan di Disdukcapil Bantul, Selasa (4/6/24). (JANIKA IRAWAN/JOGLO JOGJA)

BANTUL, Joglo Jogja – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul perkuat sinergisitas pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan pemerintah kalurahan. Pihaknya menyebut, hal ini akan mempermudah berbagai urusan catatan kependudukan masyarakat karena bisa diurus di tingkat kalurahan.

Kepala Disdukcapil Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan, di dalam amanat undang-undang, pemerintah kalurahan juga terlibat mengurusi atau melaksanakan layanan Adminduk. Atas dasar itu, pihaknya mengukuhkan penguatan sinergisitas antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah kalurahan.

“Ketika kita melakukan evaluasi, masih ada data-data terkait kematian, pindah kependudukan, dan sebagainya yang perlu kami klarifikasi. Maka, hari ini kita mengomunikasikan dengan lurah agar nanti untuk kegiatan yang dilakukan antara Disdukcapil dengan petugas register kalurahan ini betul-betul bisa akurat,” terangnya, Selasa (4/6/24).

Baca juga:  Pastikan Kualitas Hewan Kurban, DKPP Bantul Lakukan Pemantauan

Menurutnya, berbagai perubahan data yang terjadi ini akan lebih mudah jika diurus ditingkatkan kalurahan. Pihaknya juga mengatakan bahwa hal ini tidak akan menyulitkan kalurahan, karena tidak semua urusan kependudukan diselesaikan di sana.

“Kami menguatkan kembali, mengukuhkan, agar komunikasi kami dengan pemerintah kalurahan bisa sinergisitasnya nyambung betul. Jadi ini kita jelaskan tidak semua urusan diurusi oleh kalurahan. Walaupun urusan penanganannya itu meliputi semua akses kependudukan,” ujarnya.

Adapun, tujuan dari sinergisitas ini, selain untuk keakuratan data, juga dimaksudkan agar urusan kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien. “Nanti kita juga sambil menguatkan sosialisasi. Bahwa beberapa urusan lebih cepat diurus di kalurahan, tidak harus datang ke Disdukcapil atau datang ke kapanewon,” katanya.

Baca juga:  Orang Tua Diminta Rutin Cek Alur Pendaftaran PPDB

Selain itu, keakuratan data yang dihasilkan dari sinergisitas ini, selain penting bagi Disdukcapil, juga sangat dibutuhkan oleh pemerintah kalurahan. Dikarenakan data profil desa ini akan menjadi salah satu kekuatan untuk melakukan perencanaan pembangunan di tingkat kalurahan

“Kalau datanya akurat, perencanaannya lebih tepat. Tapi kalau datanya tidak akurat, bisa saja perencanaan itu tidak selesai. Sehingga mereka juga merasa perlu, dari aspek ini kita sama-sama saling mendukung,” tandasnya. (nik/abd)