Figur  

Terinspirasi dari Kakak, Efrida Ikuti Karate hingga Juara

Efrida Yuniavita Indana Dewi
Efrida Yuniavita Indana Dewi. (DOK. PRIBADI/JOGLO JOGJA)

KARATE bukan hanya olahraga, tapi juga jalan untuk meningkatkan kekuatan, kesadaran diri, dan menjadi pribadi yang lebih kuat. Setiap jurus yang dipelajari merupakan simbol yang mengisyaratkan sebagai perubahan, sehingga tidak hanya menunjukkan kekuatan, tapi juga menunjukkan jati diri.

Seperti Efrida Yuniavita Indana Dewi, siswa kelas 8B SMPN 1 Jetis. Ia telah menunjukkan bakatnya dalam olahraga karate. Lahir di Saptodadi, Bantul, tahun 2009, Efrida sekarang berusia 14 tahun dan telah menjadi juara dalam beberapa kejuaraan, terutama kejuaraan internasional.

“Awalnya saya suka olahraga renang, tapi sekarang lebih suka karate karena karate itu asyik dan efektif untuk menjaga diri dari orang jahat. Meski begitu, beberapa orang masih takut dengan karate karena ada risiko patah tulang dan babak belur,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga:  Biasa Dengarkan Musik, Makhaila Sukses Rilis Lagu

Gadis kecil ini mulai tertarik dengan dunia karate sejak kelas 4 SD karena kakaknya ikut karate. Sejak itu, Efrida menjadi semakin tertarik dan pernah menjuarai beberapa kejuaraan internasional, seperti Kejuaraan Forki (juara 3), Universitas Gajah Mada (juara 3), dan Magelang Internasional (juara 2).

“Menurut saya, karate tidak begitu menakutkan, tapi sudut pandang orang lain tidak. Saya menemukan keseruan ketika bertemu dengan lawan dan dapat melihat jurus dari lawan serta mempelajari untuk dikembangkan, sehingga menjadi juara untuk ke depannya,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam karate, ada dua bagian utama, yaitu kata dan kumite. Kata adalah seni yang memerlukan keterampilan, gerakan, kehalusan, mimik, dan lain sebagainya. Kumite juga seni yang memerlukan keterampilan dan keahlian.

Baca juga:  Fokus Kembangkan Diri di Bidang Kesehatan

“Saya percaya apabila karate dapat membantu meningkatkan keahlian dan keterampilan, serta memperkuat mental dan fisik. Saya pribadi mengikuti olahraga karate agar dapat bela diri dan cita-cita saya untuk masa depan, yaitu menjadi seorang polwan atau TNI, sehingga sejalan dengan hobi saya saat ini,” pungkasnya. (suf/abd)