Kudus  

Dishub Kudus Segera Lengkapi Zoss untuk Menunjang KLA

MELINTAS: murid SMP Negeri 2 Gebog sedang melintasi jalan di garis zebra cross depan sekolah, belum lama ini. (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus segera lengkapi Zona Selamat Sekolah (Zoss) seperti zebra cross dan lampu peringatan. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan anak saat berangkat dan pulang sekolah.

Berdasarkan pantauan Joglo Jateng di beberapa sekolah, cat zebra cross di depan sekolah mulai hilang. Sehingga Dishub akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Kasi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus, Nanang Ary mengatakan, Zoss di beberapa sekolah mulai hilang disebabkan jalan yang rusak. Sehingga perlu diaspal kembali. Hal ini perlu koordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait pembangunan jalan yang menyebabkan hilangkan zebra cross.

Baca juga:  Memaknai Kurban sebagai Wujud Kehambaan dan Sarana Perkuat Iman

“Untuk membuat itu kami harus berkoordinasi dengan (PUPR) pada area jalan yang nantinya diperbaiki. Sehingga pemberian Zoss dapat lebih optimal,” katanya, Rabu (5/6/24).

Rencananya, penambahan Zoss akan diusulkan pada APBD perubahan 2024. Dia pastikan saat pembuatan zebra cross tidak tertutup lagi dengan pembangunan jalan.

Dia menambahkan, beberapa sekolah sudah mulai dipasang Zoss. Diantaranya sekolah-sekolah yang ada dijalur cepat untuk menjaga keselamatan anak. Untuk rambu-rambu warna kuning sementara juga belum rata, masih ada yang belum terpasang.

“Seperti SMA 1 Kudus dan SMA 1 Bae sudah terpasang Zoss,” imbuhnya.

Baca juga:  RS Mardi Rahayu Tambah Ruang Inap Akibat Lonjakan Pasien

Nanag berharap, semoga tidak terjadi misskomunikasi terhadap pembangunan jalan dan pembuatan zebra cross di depan sekolah-sekolah. Khususnya bagi sekolah yang berada di jalur cepat menjadi lebih aman. (cr3/fat)