Kudus  

Kantah Kudus Edukasi Program Kabupaten Lengkap ke Pemdes

SOSIALISASI: Kepala Kantah Kudus, Bambang Gunawan beserta jajarannya memberikan edukasi mengenai program kabupaten lengkap kepada jajaran pemerintah desa yang hadir, Rabu (5/6/24). (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Kudus memberikan edukasi terkait Program Kabupaten Lengkap dan implementasi layanan elektronik kepada Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kudus. Kegiatan tersebut digelar di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Rabu (5/6/24).

Kepala Kantah Kudus, Bambang Gunawan menyampaikan, kegiatan sosialisasi itu diadakan setelah adanya mandatori SK Menteri ATR/BPN RI. Hal itu merupakan tindak lanjut untuk menjadi kabupaten lengkap layanan elektronik dan juga WBK tahun ini.

“Komitmen Kantor Pertanahan Kudus hari ini melaksanakan sosialisasi di Dinas PMD. Jajaran Pemdes mulai dari kecamatan hingga kelurahan desa hadir semua didalam sosialisasi itu,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, Rabu (5/6/24).

Baca juga:  PMII Kom Suku Cetak 182 Kader Mujahid

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk mendapat dukungan jajaran pemerintah kecamatan hingga desa. Mengingat, mereka nantinya akan menjadi garda terdepan yang mengurus segala administrasi tentang pertanahan dan tahu persis persoalan di wilayahnya.

“Sehingga didalam penataan menuju kabupaten lengkap ini kami harus mengedukasi kades dan kelurahan untuk betul-betul mendukung terkait data yang diperlukan,” terangnya.

Terlebih Kudus pada Desember tahun ini harus mempersiapkan kualitas data yang baik untuk disajikan ke masyarakat dalam menuju Kabupaten Lengkap. Sehingga data menuju Kabupaten Lengkap harus valid pada bidangnya.

Baca juga:  Persiapkan Regulasi Rekognisi & Konversi untuk Alumni UMK

“Kalau kaitannya dengan layanan elektronik, aset tanah kas desa tidaklah sedikit. Tanah kas desa juga wajib full elektronik. Termasuk tanah Pemda. Maka harus ada mitra yang paham terkait alur pendaftaran tanah atau alih media menuju sertifikat elektronik,” bebernya.

Sehingga, pihaknya memanfaatkan momen sosialisasi itu untuk memberi edukasi kepada mereka. Kantah Kudus juga terus berupaya memahami proses tersebut. Supaya kedepannya mampu berjalan dengan baik.

“Layanan elektronik ini akan menuju satu layanan yang lebih cepat, berkualitas, dan menjadi pelayanan masyarakat. Maka hal itu penting sekali untuk mengedukasi kepada stakeholder lain. Itu juga menjadi persyaratan menuju kabupaten lengkap,” tandasnya.

Baca juga:  SPPT Miliki Fungsi Penting Bagi Wajib Pajak

Harapannya, masyarakat desa tahu persis bahwa Kantah Kudus memiliki transformasi digital dan berupaya menuju kabupaten lengkap. Dengan begitu, data yang digali harus dipersiapkan. (adm/fat)