Kudus  

Partai PPP Kudus Mulai Kerucutkan Kandidat Cabup Cawabup

Ketua DPC PPP Kudus, KH Zainuddin Rusydan beserta jajaran anggota lainnya saat sedang membuka pendaftaran penjaringan cabup cawabup Kudus, belum lama ini. (ADAM NAUFALDO/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng – DPC Partai PPP Kudus akan mengerucutkan nama Calon Bupati (Cabup) Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kudus melalui penyampaian visi dan misi dan serangkaian tes lainnya yang bertempat di @HOM Hotel Kudus pekan ini. Namun untuk waktunya masih menunggu keputusan DPP.

Ketua DPC PPP Kudus, KH Zainuddin Rusydan mengatakan, Cabup-Cawabup Kudus yang ikut penjaringan pendaftaran kemarin, sudah mencapai tahap selanjutnya. Rencana, Sabtu (8/6/2024) pihaknya akan menggelar penyampaian visi misi oleh masing-masing calon di @HOM Hotel Kudus.

“Untuk waktunya menunggu arahan dari pusat. Setelah penyampaian visi misi, semua calon akan kita ajukan ke DPP untuk dimintakan surat tugas dan sosialisasi ke masyarakat Kudus,” ungkapnya kepada Joglo Jateng, kemarin.

Baca juga:  KPU Kudus Tetapkan Anggota Dewan Terpilih

Kemudian, akan ada tim survey dari DPP yang berkunjung ke Kota Kretek untuk melihat perkembangan calon kandidat. Dari hasil tersebut, nantinya calon yang surveinya bagus akan diambil tiga atau empat orang untuk mengikuti tes.

Dari surat tugas itu, kata dia, mereka mengadakan sosialisasi ketempat yang sudah ditentukan. Disaat sosialisasi kandidat, DPP menurunkan survei yang bertujuan untuk mengukur elektabilitas mereka.

“Tim lembaga survey yang ditugaskan DPP nanti melaporkan ke DPP. Kandidat ini lho yang elektabilitas tinggi. Mungkin tiga itu nanti akan dirembuk oleh internal DPW DPP untuk satu diantara merea yang elektabilitas tinggi akan diberikan rekom. Yang lolos berhak mengikuti feed and proper tes di DPW Partai PPP Semarang,” ucap dia.

Baca juga:  Pemdes Ngembal Kulon Bangun 55 Titik Jalan

Dari situ hasil itu, oleh DPW kemudian disusul ke DPP yang kemudian menurunkan rekomendasi. Sehingga, DPC Partai PPP Kudus hanya sebagai panitia penjaringan saja, yang mana tahapannya sudah diberikan ke DPW kepada pihaknya.

“Kemudian langkah yang sudah dilakukan selaku DPC nantinya akan diserahkan DPP melalui DPW. Mereka yang akan mengelola siapa yang akan diberikan rekomendasi,” tuturnya.

Sejauh ini, kandidat Cabup yang sudah mendaftarkan di DPC Partai PPP Kudus ada Ketua DPRD Kudus Masan, eks Kepala Dinas Arpusda Kudus Sam’ani Intakoris, dan anggota DPRD Jateng Mawahib. Sementara untuk Cawabup ada Belinda Birton selaku pengusaha dan kader Gerindra Sandung Hidayat.

Baca juga:  Demokrat Kudus Tunggu Keputusan DPP untuk Kandidat Pilkada Kudus 2024

“Kalau untuk pak Sandung Hidayat baru ngambil formnya saja tapi belum dikembalikan dan kami masih menunggu,” pungkasnya. (adm)