Pati  

Niat Ambil Mobil Rentalan, Empat Orang Dihajar Massa di Sukolilo Pati Usai Diteriaki Maling

BERI KETERANGAN: Kasat Reskrim Polresta Pati Kompol M Alfan Armin saat diwawancarai wartawan di Mapolresta Pati, Jumat (7/6/24). (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Empat orang dikeroyok masa di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati usai dikira maling mobil. Peristiwa mengerikan itu berlangsung pada Kamis (6/6/24) sore.

Satu orang berinisial BH (52), Warga kelurahan Cempaka Baru Kemayoran Jakarta Pusat dinyatakan tewas akibat pengeroyokan tersebut. Sedangkan tiga orang di antaranya, SH (28) warga Koja Jakarta Barat, KB (54) warga Kedung Banteng Kabupaten Tegal, dan AS (37) asal Pulau Gadung Jakarta Timur saat ini tengah dirawat di RSUD Kayen Pati setelah babak belur dihajar masa.

Kasat Reskrim Polresta Pati Kompol M Alfan Armin mengungkapkan bahwa mereka berniat mengambil mobil milik BH yang disewa orang Pati.

Baca juga:  Petani Pundenrejo Berjalan 30 Kilometer Minta Tanah Nenek Moyangnya

“Dari keterangan korban yang bisa kita interogasi, yang sekarang di rumah sakit, awal mula para korban ini datang dari Jakarta berangkat ke Pati untuk tujuan diajak saudara BH, yang meninggal dunia, untuk mengambil mobil rental saudara BH tersebut,” ungkapnya, Jumat (7/6/24).

Mereka berempat datang ke Pati menaiki mobil Daihatsu Sigra berwarna putih untuk mencari mobil BH yang disewakan. Bermodal GPS, mobil yang disewakan itu ditemukan di Rumah AG, warga Desa Sumbersoko Pati. Setelah menemukan mobil yang dicari, mereka pun mengambilnya menggunakan kunci cadangan tanpa sepengetahuan AG.

Baca juga:  PSP Pati Minta Pemkab Bangun Pangkalan Truk Permanen

“Informasi dari korban, mereka menggunakan GPS saat berada di Desa Sumbersoko Kecamatan Sukolilo. Kemudian sampai lokasi, menurut keterangan korban, menemukan mobil dengan kunci cadangan dan mengambil mobil tersebut,” terangnya.

Namun naas, saat mengambil mobil tersebut mereka diteriaki maling oleh warga setempat yang melihat. Sejumlah warga Sumbersoko pun seketika murka mendengar teriak tersebut dan langsung menghajar ke empat orang tersebut tanpa ampun.

“Ada warga yang melihat, kemudian diteriaki maling. Kemudian para korban dikejar dan dipukuli oleh warga,” ucapnya.

Kompol M Alfan menjelaskan, pihaknya saat ini masih mendalami terkait mobil rentalan itu. Sebab dari keterangannya, mobil tersebut bukanlah milik AG, melainkan pinjam dari saudaranya.

Baca juga:  Bos Rental Tewas Dikeroyok, Akademisi: Bukti Masyarakat tak Percaya APH

“Menurut keterangan yang bersangkutan mobil tersebut dipinjam AG yang kita periksa sebagai saksi, mobil dipinjam dari saudaranya. Itu masih kita dalami,” sebutnya.

Dengan adanya korban yang meninggal dan luka-luka ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan. Dua orang yang diduga dalang kejadian tersebut juga telah diamankan.

“Terkait adanya korban luka dan meninggal dunia, kami Satreskrim Polresta Pati dan Polsek Sukolilo melakukan penyelidikan dan mengamankan dua orang terkait dugaan pengeroyokan yang mengakibatkan meninggal dunia,” pungkasnya. (lut)