Pendaftaran Pantarlih Dibuka Pertengahan Juni

Komisioner KPU Pemalang Divisi Sosdiklih Parmas Agung Budi Nugroho
Komisioner KPU Pemalang Divisi Sosdiklih Parmas Agung Budi Nugroho. (UFAN FAUDHIL/JOGLO JATENG)

PEMALANG, Joglo Jateng – Menuju Pilkada yang direncanakan pada 24 November mendatang, KPU Pemalang mulai pekan depan akan membuka pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang diagendakan pada pertengahan Juni ini. Di mana mereka akan bertugas mendata atau memverifikasi data pemilih langsung di tiap rumah, untuk penentuan Data Pemilih pada Pilkada 2024.

Komisioner KPU Pemalang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM (Sosdiklih Parmas dan SDM) Agung Budi Nugroho menuturkan, meskipun pelaksanaan Pilpres dan Pileg masih di tahun yang sama, namun verifikasi data ulang dibutuhkan untuk mengecek kesesuaian data pemilih pada Pilkada 2024. Sehingga, di 13-17 Juni mendatang membuka pendaftaran Pantarlih, sebagai petugas verifikasi secara door to door di masyarakat.

Baca juga:  IPM Pemalang Terbawah se-Jateng

“Walaupun rentan waktunya belum lama pasti ada perubahan data pemilih di masyarakat. Karena jumlah pertumbuhan setiap hari bertambah, sehingga perlu pengecekan ulang. Maka kita laksanakan penerimaan petugas Pantarlih pada 13-17 Juni nanti,” terangnya, Kamis (6/6/24).

Pihaknya melanjutkan, pelaksanaan ini dilandasi oleh Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 638 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. Terkait persyaratan dokumen masyarakat bisa melihatnya di laman di kab.pemalang.kpu.go.id.

Untuk penentuan jumlah, pihaknya menjelaskan sesuai aturan KPU RI setiap TPS minimal memiliki satu Pantarlih, namun bisa dua orang jika jumlah pemilih di satu TPS lebih dari 400 pemilih. Di mana berbeda dengan Pilpres dan Pileg sebelumnya, Pilkada 2024 ini jumlah TPS di Pemalang berkurang setengah dari jumlah TPS di Pemilu.

Baca juga:  Anom Kembalikan Formulir di Gerindra

“Jumlah pantarlih mengikuti jumlah TPS, kalau kemarin sekitar lebih dari 9.000 TPS, di Pilkada ini berkurang setengahnya atau kurang lebih 4.500 TPS di seluruh Pemalang. Jadi keperluan pantarlih saat ini pada angka itu,” pungkasnya.(fan/sam)