Bulog Semarang Layani Penyediaan Bapok Murah melalui RPK Semakin Mesra

AKTIVITAS: Sejumlah warga saat berbelanja bahan pokok dalam program RPK Warung Pak Eko di Jalan Semangka Dalam No 1 RT 3 RW 1, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, belum lama ini. (FADILA INTAN QUDSTIA/JOGLO JATENG)

SEMARANG, Joglo Jateng – Perum Bulog Kantor Cabang Semarang berupaya melayani penyediaan kebutuhan bahan pokok (bapok) murah kepada warga melalui program Rumah Pangan Kita (RPK) Semakin Mesra (Melayani Masyarakat dengan Prima) di Warung Pak Eko. Tepatnya di Jalan Semangka Dalam No 1 RT 3 RW 1, Kelurahan Bandarjo, Kecamatan Ungaran Barat.

Dalam kesempatan kali ini, Perum BULOG Kantor Cabang Semarang mengadakan promo dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) di pasaran. Beberapa bapok yang dijual oleh Bulog kepada masyarakat dengan harga murah pada kegiatan ini di antaranya Beras SPHP 5 kg Rp 57.000, beras premium befood Slyp Super 5 kg Rp 70.000. Kemudian, Gula Maniskita 1 kg Rp17.000, Minyak Goreng Kita 1 liter Rp16.000, Tepung Terigukita 1 kg Rp11.500, Befood Tepung Beras 500 gram Rp 8.000.

Baca juga:  Hadapi Tantangan Global, Keluarga Mathali'ul Falah (KMF) Inisiasi Sekolah Internasional Berbasis Pesantren di Ambarawa

Manager Bisnis Perum Bulog Kanwil Jawa Tengah, Yudha Aji mengungkapkan, program RPK ini digencarkan dalam bentuk outlet yang mana pihaknya mendatangi langsung atau ‘jemput bola’ ke titik lokasi warung yang sudah bermitra dengan Bulog. Salah satu lokasi yang dikunjungi, yakni RPK Warung Pak Eko.

“Adanya ini (RPK) agar masyarakat mendapatkan harga bahan pokok yang lebih murah dan wajar. Di pasar mungkin ada suatu momen kenaikan harga. RPK diharapkan dapat menjual langsung ke konsumen, yaitu ke masyarakat di sekitar lokasi RPK dengan harga wajar secara kontinu. Manfaat inilah yang ingin disebarluaskan melalui RPK,” ucapnya saat ditemui Joglo Jateng, belum lama ini.

Selain itu, kata dia kegiatan ini sekaligus memperkenalkan RPK Warung Pak Eko yang berada di tengah lingkungan masyarakat. Dalam program ini, pihaknya juga memastikan agar rantai pemasok bapok dari Bulog bisa efisien serta melayani masyarakat dengan lebih baik.

Baca juga:  BRIN Kenalkan Petasol, BBM Setara Bio Solar

Dirinya berharap, dengan adanya program ini pihaknya dapat langsung terus melakukan sosialisasi ke masyarakat secara verbal. Di samping itu, memberikan edukasi dan manfaat kepada mereka untuk bisa langsung ke Bulog untuk pesan dan membeli bapok yang dibutuhkan.

“Mungkin ada masyarakat yang bertanya apakah beras Bulog bisa dipesan oleh masyakarat umum. Nah ini kita tunjukkan kebutuhan pangan bisa diperoleh secara langsung dan di RPK terdekat,” harapnya.

Pada kegiatan RPK Semakin Mesra selanjutnya, kata Yudha, Bulog Kanwil Jateng dan Kancab akan memilah dan memilih tempat strategis yang ada di seluruh wilayah Jawa Tengah. Harapannya, Program RPK Semakin Mesra ini berjalan dengan lancar.

Baca juga:  REZtricted Rooftop Lounge: Destinasi Kuliner Baru dengan Sajian Argentina di Semarang

“Total wilayah yang terintegrasi (RPK) di wilayah Kancab Tegal, Kancab Surakarta, Kancab Semarang dan Kancab Pati. Diharapkan RPK yang terdaftar di Jateng nantinya kurang lebih 1.500-an unit, dan sejauh ini 600-an unit yang aktif bertransaksi,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga RT 6 RW 1, Susilo mengaku bahan pokok yang dijual oleh RPK ini jauh lebih murah dari harga pasaran. Menurutnya, program ini menjadi salah satu pendekatan langsung ke masyarakat yang jarang ada dilakukan oleh pihak lain.

“Semoga hal seperti ini bisa diadakan lebih sering lagi seperti seminggu sekali agar bisa mengurangi beban juga kalau ada kenaikan harga di pasar,” imbuhnya. (int/adf)