Kudus  

CFD, DPMPTSP Kudus Gelar Layanan Perizinan dan Konsultasi

PELAYANAN: Petugas DPMPTSP menyerahkan sertifikat Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada masyarakat saat car free day di alun-alun Kudus, Minggu (9/6/2024). (DYAH NURMAYA SARI/JOGLO JATENG)

KUDUS, Joglo Jateng  – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kudus memberikan kemudahan akses layanan perizinan kepada masyarakat dengan menggelar layanan perizinan berusaha dan konsultasi saat acara Car Free Day (CFD) di Simpang Tujuh Kudus yang berlangsung Minggu (9/6/2024).

Analis Dokumen Perizinan DPMPTSP Kudus, Alis Murdiyanti mengatakan, proses perizinan yang saat ini telah terintegrasi dengan sistem OSS (Online Single Submission) di oss.co.id. pihaknya memberikan pelayanan mulai pukul 06.00-09.00.

“Untuk perizinan berusaha itu kan pakainya sekarang OSS, jadi kalau mau mengajukan yang secara online, kalau persyaratannya sudah lengkap nanti bisa kita layani, bisa kita dampingi di sini,” ujarnya, Minggu (9/6/24).

Baca juga:  Pemdes Ngembal Kulon Bangun 55 Titik Jalan

Lebih lanjut, Alis menjelaskan persyaratan yang diperlukan untuk perorangan dan badan usaha. Terlebih bagi perizinan untuk perorangan hanya menyerahkan persyaratan berupa KTP, Nomor WA, dan email.

“Sangat mudah, untuk syarat perorangan cukup hanya KTP saja, nomor WA, dan alamat email. Tetapi kalau badan usaha harus punya akta pendirian dulu yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Contoh seperti CV atau PT, itu kan harus punya akta dulu,” tambahnya.

Dengan adanya layanan ini di CFD, ia berharap berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya legalitas dalam berusaha serta mempermudah proses perizinan bagi para pelaku usaha di Kudus.

Baca juga:  Proses Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC Partai PKS Kudus Terus Berlanjut

“Langkah ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan semakin banyaknya usaha baru yang legal dan terdaftar,” pungkasnya. (cr3/fat)