Pati  

Dispertan Pati Bakal Cek Kesehatan Hewan Kurban

SUNTIK: Petugas dari Dispertan Pati saat melakukan vaksinasi hewan ternak jelang Iduladha, tahun lalu. (LUTHFI MAJID/JOGLO JATENG)

PATI, Joglo Jateng – Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati berencana akan melakukan pengecekan hewan kurban.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan pada Dispertan Pati, Andi Hirawadi mengungkapkan, pihaknya akan memantau kondisi hewan kurban saat Idul Adha. Pengecekan utamanya dilakukan di sejumlah titik yang berada di pusat kota.

“Hari H (Iduladha) kita keliling. Khususnya ke tempat pemotongan di Pati Kota dan sekitarnya,” ujar Andi kepada Joglo Jateng, belum lama ini.

Baca juga:  Kekeringan di Pati Diprediksi Lebih Parah, BPBD Siap Distribusi Air Bersih

Ia belum menyebut secara pasti berapa tempat yang akan dikunjungi untuk melakukan pengecekan hewan kurban. Namun pihaknya akan melakukan langkah ini untuk memastikan bahwa kondisi hewan kurban aman dari penyakit saat disembelih.

Pengecekan ini juga akan dilakukan sebelum Hari Raya Kurban tiba. Khususnya di tempat penampungan hewan ternak.

“Pemeriksaan juga dilakukan H-1. Di tempat-tempat penampungan ternak,” ucapnya.

Tak hanya kondisi kesehatan hewan kurban, pihaknya sebelumnya juga telah memastikan bahwa stok hewan kurban di Kabupaten Pati dalam kondisi aman. Sebab populasi hewan ternak di Bumi Mina Tani cukup melimpah.

Baca juga:  Perum Bulog Pati Kolaborasi dengan Rumah Pangan Kita Lewat Program “RPK Semakin Mesra”

Andi memperkirakan ketersediaan ternak untuk Iduladha tahun ini masih bisa surplus. Mengingat populasi hewan ternak di daerahnya mencapai ratusan ribu ekor. Terdiri mulai sapi, kambing, domba dan kerbau.

“Pasokan hewan cukup. Ketersediaan 43.782 ekor untuk sapi, kerbau 1.004 ekor, kambing 91.057 ekor dan domba 14.208 ekor,” ungkapnya. (lut/fat)